Menu
in

Amalkan 7 Doa Ini Saat Hamil, Agar Ibu dan Janin Sehat serta Selamat

Kehamilan adalah momen yang sangat penting dan membahagiakan bagi pasangan suami istri. Selama kehamilan itulah terjadinya pertumbuhan janin…

Amalkan 7 Doa Ini Saat Hamil, Agar Ibu dan Janin Sehat serta Selamat

Amalkan 7 Doa Ini Saat Hamil, Agar Ibu dan Janin Sehat serta Selamat

makincerdas – Kehamilan adalah momen yang sangat penting dan membahagiakan bagi pasangan suami istri. Selama kehamilan itulah terjadinya pertumbuhan janin sehingga harus diperhatikan dengan baik nutrisi yang ibu hamil konsumsi agar janin berkembang dengan baik.

Selain menjaga dan memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi ibu, sudah barang tentu dibarengi juga dengan doa dan menyerahkan seluruhnya kepada Allah SWT  supaya  Ibu dan anaknya sehat dan selamat dalam kandungan hingga hari kelahiran tiba. Berikut ini adalah doa untuk ibu hamil yang sebaiknya dibaca saat hamil.

1. Memperbanyak membaca surat Al Fatihah

Al Fatihah merupakan induk dari pada Alquran, surat yang memiliki banyak sekali keutamaan. Surat pertama dalam Alquran ini mengandung doa dan pujian yang dibaca berulang-ulang (as-Sabul-masani), jalinan hubungan antara hamba dengan  Allah SWT sebagai pernyataan keimanan dan permohonan mahluk hidup kepada Khalik nya. Membaca surat Al Fatihah saat hamil, sangat baik untuk memohon keselamatan dan kesehatan bagi janin dan ibu. Surat Al Fatihah juga bisa dibaca kapan saja dan dimana saja.

2. Membaca ayat kursi

Ayat kursi yang merupakan bagian dari surat Al Baqarah yaitu pada ayat ke-255, sangat dianjurkan untuk dibaca oleh setiap umat muslim. kandungannya berisi pujian tentang betapa agungnya Allah SWT yang menciptakan langit dan isinya. Berikut lafal ayat kursi :

ٱللَّهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَـٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَـٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Bacaan latin: “Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim”

Artinya :  Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

3. Perbanyak berzikir kepada Allah SWT

Berdzikir adalah salah satu cara agar seorang hamba mengingat Penciptanya . selama hamil perbanyaklah berdzikir kepada Allah seperti  beristighfar, bertasih dan membaca laa hawla walaa quwwata illa billah.Dalam Alquran, disebutkan bahwa ketika kandungan memasuki usia empat bulan, ruh ditiupkan kepada janin. Di saat itu juga, sang janin ditetapkan perkara rezeki, ajal, amal perbuatannya. Oleh sebab  itu maka sangat dianjurkan bagi calon orangtua untuk memperbanyak berzikir, memohon ketetapan yang baik dari Allah SWT bagi janin di dalam kandungan.

4. Membaca tiga surat terakhir dalam Alquran

Tiga surat terakhir dalam Alquran yaitu An Nas, Al Falaq, dan Al Ikhlas. Keutamaan yang dimiliki ketiga surat ini adalah sebagai pelindung umat muslim dan membuat diri kita mudah merasa cukup dan selalu bersyukur kepada Allah SWT.

5. Membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah

Dua ayat terakhir surat Al Baqarah ini, juga sangat dianjurkan dibaca oleh calon orangtua di masa kehamilan. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, diriwayatkan Ibnu Mas’ud Al Anshari dari Rasululullah: “Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah pada malam hari, maka kedua ayat ini akan mencukupinya (dari segala keburukan, godaan setan, gangguan jin dan manusia).” Keutamaannya adalah untuk memohon perlindungan dari segala keburukan, sehingga proses kehamilan lancar dan selamat hingga persalinan nanti.

6. Membaca surat Al Insyirah

Membaca surat Al Insyirah sebanyak tujuh kali setiap ba’da sholat maghrib lalu ditiupkan pada perut ibu hamil. Manfaat yang terkandung dalam  surat ini di antaranya, obat dari segala macam penyakit, dan di surat tersebut Allah menegaskan bahwa akan selalu ada kemudahan setelah kesulitan. Ini bisa meyakinkan calon orangtua  bahwa seberat apapun proses kehamilan kelak akan mendapat kemudahan.

7. Doa yang dibaca oleh ayah untuk ibu yang sedang hamil

Doa  yang dianjurkan untuk dibaca oleh ayah selama ibu hamil adalah sebagai berikut:

اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan latin: “Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.”

Artinya: “Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit.Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat.Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Exit mobile version