in

Keutamaan Berdzikir: Dapat Meraih Ribuan Kebaikan

Keutamaan berdzikir pasti sudah diketahui kebanyakan umat muslim. Berdzikir berarti mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala baik dalam perkataan, ataupun dalam perbuatan yang dilakukan.

main dome with colorful ornamental elements in blue mosque
Photo by Julia Volk on Pexels.com

makincerdas – Keutamaan berdzikir pasti sudah diketahui kebanyakan umat muslim. Berdzikir berarti mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala baik dalam perkataan, ataupun dalam perbuatan yang dilakukan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

إِنَّ ٱلْمُسْلِمِينَ وَٱلْمُسْلِمَـٰتِ وَٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَـٰتِ وَٱلْقَـٰنِتِينَ وَٱلْقَـٰنِتَـٰتِ وَٱلصَّـٰدِقِينَ وَٱلصَّـٰدِقَـٰتِ وَٱلصَّـٰبِرِينَ وَٱلصَّـٰبِرَٰتِ وَٱلْخَـٰشِعِينَ وَٱلْخَـٰشِعَـٰتِ وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ وَٱلْمُتَصَدِّقَـٰتِ وَٱلصَّـٰٓئِمِينَ وَٱلصَّـٰٓئِمَـٰتِ وَٱلْحَـٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَـٰفِظَـٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرًۭا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةًۭ وَأَجْرًا عَظِيمًۭا

Artinya: “Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” [QS. Al-Ahzab ayat 35]

Sudah selayaknya sebagai seorang muslim harus memperbanyak mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala selama hidup di dunia, karena ini merupakan salah satu pembeda. Sebagaimana dalam sebuah hadist diterangkan; “Perumpamaan orang yang ingat akan Rabb-nya dengan orang yang tidak ingat Rabb-nya laksana orang yang hidup dengan orang yang mati.” [HR. Al-Bukhari].

Beberapa keutamaan berdzikir baik yang dilakukan dalam bentuk ucapan maupun perbuatan, kita laksanakan pada pagi, siang, sore, maupun malam hari antara lain:

Allah mencukupi atas segala sesuatu

Maksudnya yaitu kita tidak akan pernah benar-benar mengetahui segala sesuatu kecuali atas kehendak Allah Yang Maha mengetahui sebab Allah jauh lebih tahu apa yang tidak kita ketahui.

Bukan hanya itu, Allah Subhanahu wa Ta’ala juga mengetahui apa saja yang hamba-Nya butuhkan dan apa yang terbaik untuk hamba-Nya.

Sehingga, saat hamba-Nya senantiasa berdzikir, Allah akan memenuhi atas segala yang hamba-Nya butuhkan entah dalam wujud atau apapun juga yang terkadang tidak akan disangka-sangka.

Masuk surga

Dari Syaddad bin Aus RA, ia berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya; “Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga.” [HR. Bukhari].

Adapun dzikir yang dimaksud ialah (dibaca 1 kali) :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.

“Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu menjalankan ketaatan dan menjauhi larangan, pen) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa pahala). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Mendapatkan ridha dari Allah

Dalam sebuah riwayat, dzikir yang senantiada dilantunkan baik pagi, siang, maupun malam hari. Menjadikan seseorang mendapat ridha Allah SWT di hari kiamat nanti. Dan dengan ridha Allah, artinya dosa kita terampuni serta mempermudah jalan kita menuju surga.

Contoh dzikir yang baik diamalkan agar mendapat ridha Allah,

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا

“Aku ridha Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Nabi (yang diutus oleh Allah).” (Dibaca 3x).

Mendapat predikat orang terbaik di hari kiamat

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda yang artinya, “Barangsiapa yang mengucapkan kalimat ‘subhanallah wa bi hamdih’ di pagi dan sore hari sebanyak 100 x, maka tidak ada yang datang pada hari kiamat yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali orang yang mengucapkan semisal atau lebih dari itu.” [HR. Muslim].

Mendapat kebaikan berkali lipat

Orang yang senantiasa berdzikir akan dicatat baginya 10 kebaikan, dihapuskan 10 kesalahan, mendapat pahala layaknya orang yang memerdekakan 10 budak, serta terlindung baginya dari gangguan setan.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh An-Nasa’i dari hadist Abu Ayyub Al-Abshari RA; disebutkan bahwa Rasulullah SAW menyebutkan apabila seseorang membaca dzikir berikut:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ.

“Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.” (Dibaca 10 kali)

Maka orang itu akan mendapat kebaikan-kebaikan seperti yang telah disebutkan tadi. Nah, itu tadi penjelasan tentang keutamaan-keutamaan berdzikir semoga bermanfaat. Aamiin insya Allah.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0