Menu
in

5 Cara Merangsang Kecerdasan Naturalis Anak Sejak Dini

Terkadang anak-anak suka bertanya kepada kita tentang apa yang dilihat dan dirasakan pada lingkungannya.

makincerdas – Terkadang anak-anak suka bertanya kepada kita tentang apa yang dilihat dan dirasakan pada lingkungannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan seperti “bunda itu apa?”, “kenapa suara kucing mengeong”, “kenapa angin ngga kelihatan” dan sebagainya.

Bunda tidak usah kaget ketika ditanya buah hatinya seperti itu. Hal itu lumrah karena anak-anak mulai belajar mengenai lingkungan disekitarnya, inilah yang disebut dengan kecerdasan naturalis, mungkin terlihat asing untuk bunda ya? Terus apakah kecerdasan naturalis itu?

Kecerdasan naturalis merupakan salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak dalam mengenali, memahami, melihat perbedaan, menggolongkan, dan mengategorikan apa yang ia lihat atau jumpai di alam atau lingkungan sekitarnya. 

Ciri-ciri Anak dengan Kecerdasan Naturalis

Menurut ahli anak yang mempunyai kecerdasan naturalis dan berkembang dengan baik memiliki beberapa ciri-ciri antara lain yaitu:

  • Melakukan penjelajahan lingkungan alam dan lingkungan manusia dengan penuh ketertarikan dan antusiasme.
  • Suka melakukan pengamatn, pengenalan, berinteraksi atau peduli dengan objek, tanamanan atau hewan.
  • Bisa mengklasifikasikan objek sesuai dengan karakter objek tersebut.
  • Dapat mengenali pola antara spesies atau kelas dari objek Suka memakai peralatan seperti mikroskop, binokuler, teleskop dan komputer untuk belajar tentang suatu organisme atau sistem Senang mempelajari siklus kehidupan flora dan fauna.
  • Ingin mengetahui bagaimana sesuatu itu bekerja Belajar tentang taksonomi tanaman dan hewan Memilki minat dalam berkarir pada bidang biologi, ekologi, kimia dan botani Senang memelihara tanaman atau hewan. 

Cara Merangsang Kecerdasan Naturalis Anak

Lalu bagaimanakah cara agar bisa merangsang kecerdasan naturalis itu bunda? sebenarnya sederhana saja untuk merangsangnya. Disini ada beberapa cara yang bisa dipakai oleh para orang tua untuk bisa merangsang kecerdasan naturalis pada anak-anak. 

Pertama, anjurkan anak bermain peran bersama teman-temannya. pasti dulu bunda ingat saat masih masih kecil mungkin sering sekali bermain masak-masakan atau bermain rumah-rumahan dengan memanfaatkan benda-benda alam di sekitarnya.

Meratakan pasir untuk dijadikan sebagai tembok, menjadikan ranting pohon sebagai sapu atau penyekat ruangan, atau mobil-mobilan dengan batu dan sebagainya.

Nah, saat bunda melihat anak sedang bermain demikian maka biarkanlah mereka asyik bermain, sebab saat bermain itu anak mampu mengidentifikasi bagian-bagian rumah beserta fungsinya, mampu memanfaatkan benda-benda alam untuk sesuai dengan imajinasinya. 

Kedua, kita bisa memelihara hewan atau tanaman di rumah. Misalkan memelihara kucing, kelinci, tanaman bunga atau buah-buahan.

Di sinilah kemudian anak akan belajar merawat dan menghormati alam, baik hewan maupun tumbuhan.

Sehingga sikap peduli, penuh kasih sayang, suka merawat kebersihan dan keindahan ini melekat dalam diri anak sejak kecil. Ketika dewasa anak pun akan paham dan memperlakukan alam atau sesamanya dengan perilaku yang baik pula.

Ketiga, ajak anak-anak untuk jalan-jalan ke kebun binatang. Anak akan mengamati dan mengidentifikasi macam-macam, bunyi, makanan dan tingkah laku binatang.

Bunda bisa meminta anak untuk menceritakannya lagi ketika sudah dirumah. Tujuannya untuk mengingat kembali hasil belajar dan ingatan anak ketika di kebun binatang, jika ada yang salah bunda bisa membetulkan kembali jadi anak belajar dengan tepat.

Keempat, mengajak anak membuat tenda atau sekedar duduk-duduk dikebun atau disekitar rumah. Kemudian bercerita dan bernyannyi tentang alam kepada anak.

Tujuan adalah untuk meningkatkan  pengetahuan anak tentang alam disekitarnya. Sehingga selain anak diajak untuk menyatu dengan alam, anak juga paham tentang alam itu sendiri sesuai dengan kemampuannya.

Kelima, Berilah anak alat untuk menggambar dan biarkan dia menggambar tentang alam di sekitarnya. membiarkan atau meminta anak menggambar lingkungan.

Anak pastinya akan menggambar sesuai apa yang dilihatnya seperti pepohonan, rumah, bunga-bunga, hewan dan sebagainya.

Disinilah kecerdasan naturalisnya muncul Sebab saat anak menggambar alam berarti ia telah mampu mengenali alam sekitar dan memiliki kecenderungan kecerdasan naturalis. 

Leave a Reply

Exit mobile version