Menu
in

5 Hal Ini Dapat Menghentikan Penyebaran Virus Corona

Virus corona merupakan jenis virus yang mudah sekali menular.

Cuci Tangan Pakai Sabun

makincerdas – Virus corona merupakan jenis virus yang mudah sekali menular. Penularannya yaitu dengan cara bersentuhan dengan orang yang terinfeksi virus corona.

Berbagai upaya untuk menekan laju penyebaran dan penularan virus corona membutuhkan peran aktif banyak pihak, baik masyarakan maupun pemerintah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, memberikan 5 hal yang bisa dilakukan semua warga untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona. Mari simak ke 5 hal tersebut.

1. Cuci tangan 

Penularan virus corona salah satunya disebabkan oleh masuknya sisa batuk atau napas orang yang terinfeksi.

Menularnya virus juga disebabkan karena menyentuh permukaan benda yang telah menempel sisa dari batuk orang yang terinfeksi atau membawa (carrier) virus corona.

Menurut penelitian, virus corona itu dapat bertahan di permukaan benda selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Oleh karena itu sangat dianjurkan kepada masyarakat untuk sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebab dengan mencuci tangan dianggap mampu menghilangkan virus yang menempel di tagan dan sebagai langkah pencegahan yang penting.

Apabila sedang bepergian, jangan lupa membawa handsanitizer untuk membersihkan tangan kamu. berikut ini adalah beberapa hal yang perlukamuperhatikan soal cuci tangan: 

  1. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik
  2. Cuci tangan pakai sabun saat tiba di rumah, tempat kerja, atau sekolah, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet.

2. Menutup mulut saat batuk atau bersin

Menutup mulut saat batuk atau bersin sangatlah dianjurkan karena dapat mencegah sisa batuk atau bersin terbang dan menempel ke benda atau orang lain di sekitar kita.

Gunakanlah masker jika sedang batuk, dan tutup mulutkamusaat batuk atau bersin. Jika tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat saat batuk atau bersin.

3. Jangan sering menyentuh wajah

Mata, hidung dan mulut merupakan tempat masuknya virus ke dalam tubuh kita maka hindari atau jangan sering menyentuh wajah.

Oleh karena itu, sebelumkamumenyentuh wajahkamumaka harus memastikan tangankamubersih untuk menghindari masuknya virus corona.

4. Jaga jarak aman (Sosial distancing)

Menjaga jarak fisik dengan orang lain minimal 1 meter ketika berada pada di luar ruangan terlebih dengan orang yang sakit.

Tidak mengadakan petemuan yang melibatkan banyak orang didalamnya. Hal ini merupakan bagian untuk memutus mata rantai penularan virus corona.

5. Tetap berada dirumah 

Yang terahir adalah tetap berada dirumah dalam melakukan akrivitas sehari-hari. Hal ini akan dapat mengurangi kontak langsung dengan orang lain di luar rumah. Sesuai dengan anjuran pemerintah semua orang harus tetap dirumah baik bekerja belajar kecuali untuk kepentingan mendesak seperti belanja kebutuhan sehari-hari.

Semoga bermanfaat, makan makanan bergizi dan olah raga setiap hari agar tubuh bisa tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Leave a Reply

Exit mobile version