Kurangnya Minat Membaca Buku di Kalangan Mahasiswa

Oleh :

Fajar Afwan


Mahasiswa hari ini mengalami kemunduran dalam membaca buku, mahasiswa lebih senang mengisi waktu luangnya dengan bermain gadgetnya, seperti membuka facebook, whatsapp, bbm, instagram, twitter dll. Sungguh memprihatinkan melihat keadaan yang seperti ini.



Dengan melihat peran mahasiswa adalah sebagai penerus tongkat estafet masa depan Bangsa, tentunya mahasiswa dituntut untuk memiliki wawasan yang luas dan berintelektual tinggi. Bagaimana mungkin Indonesia bisa berubah ke arah yang lebih baik ketika tradisi membaca dikalangan mahasiswa pada hari ini luntur? Padahal kegiatan membaca adalah jalan mencapai suatu pengetahuan dan melatih otak untuk berfikir ketika memahami apa yang sedang dibaca.

Tentu masih ingat peristiwa tahun 1998 yang pada waktu itu mahasiswa mampu mengkritisi dan menggulingkan pemerintahan orde baru yang tirani dengan berunjuk rasa menuntut dilakukannya reformasi politik, disitu terlihat peran mahasiswa sebagai agen of social control yang peka terhadap kondisi sosial pada waktu itu. Tentu mahasiswa pada waktu itu memiliki wawasan yang luas dan berintelektual tinggi dengan membaca buku atau berdiskusi yang dijadikan sebuah tradisi, buktinya mahasiswa pada waktu itu peka terhadap kondisi sosial yang dengan berani mengkritisi terhadap kebijakan pemerintahan orde baru yang anti kritik.

Maka dari itu membaca sangatlah penting bagi mahasiswa karena membaca adalah salah satu jalan memperoleh pengetahuan, semakin banyak membaca semakin banyak pula pengetahuan yang didapat dan dengan pengetahuan yang didapat tersebut bisa digunakan sebagai alat analisis terhadap sesuatu, dengan sendirinya akan menumbuhkan sikap kritis terhadap sesuatu dan menumbuhkan kepekaan sosial di lingkungan sekitar. Dengan melihat sejarah tentunya kita bisa mengambil pelajaran dari budaya atau tradisi membaca dan berdiskusi dari mahasiswa tahun 1998, maka dari itu sebagai mahasiswa yang nantinya akan meneruskan tongkat estafet perjuangan Bangsa, tentunya membaca buku sudah seharusnya menjadi tradisi bagi mahasiswa hari ini.

Dengan melihat keadaan mahasiswa hari ini yang mengalami kemunduran dalam membaca maka perlu adanya revitalisasi membaca agar mahasiswa memiliki wawasan yang luas sehingga ke depannya mampu menghadapi tantangan zaman. Untuk menumbuhkan minat baca pada mahasiswa, bisa kita mulai dari hal yang sederhana misalnya membuat grup diskusi bedah buku, ketika diskusi tersebut berjalan secara tidak langsung akan memaksa peserta diskusi untuk membaca buku yang akan menjadi kajian di forum diskusi tersebut dan banyak hal lain yang bisa kita jadikan sarana untuk menumbuhkan minat baca terhadap mahasiswa seperti mengikuti kegiatan ekstra kampus yang bergerak di bidang keilmuan, mengadakan perpus jalanan, mengadakan bazar buku, mensosialisasikan perpustakaan di lingkungan kampus dll.

Dengan cara-cara tersebut bisa dijadikan stimulus untuk menumbuhkan minat baca, sehingga mahasiswa memiliki wawasan yang luas dan sikap kritis terhadap sesuatu dengan harapan mahasiswa mampu meneruskan tongkat estafet perjuangan dansebagai garda terdepan Bangsa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kurangnya Minat Membaca Buku di Kalangan Mahasiswa"

Post a Comment