Langkah-langkah Membuat Anak Menjadi Cerdas

Orang tua kadang melakukan segala upaya untuk mendukung si kecil untuk menjadi pintar. Seperti menambah jam belajarnya memberikan les tambahan dan sebagainya. Memang semuanya itu lumrah dilakukan oleh orang tua karena orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tapi perlu orang tua ketahui cara-cara seperti itu kadang malah kurang tepat karena memang mereka memiliki kecerdasan dan juga daya berfikir yang berbeda-beda.

Langkah-langkah Membuat Anak Menjadi Cerdas


Perlu orang tua ketahui puncak perkembangan emas pada sikecil terjadi ketika dalam masa kandungan sampai dengan umur dua tahun, pada masa itu berat otak anak sekitar 80% dari berat otak dewasa.

Pada masa ini orang tua bisa memaksimalkan perkembangan otak anak dengan menstimulasinya dengan berbagai permainan yang membangun pertumbuhan otaknya seperti permainan melalui kata-kata, angka, musik, gambar, kemampuan atletik atau “ketangkasan”, serta perkembangan emosi dan sosial.

Jangan sesekali memarahi anak ketika mereka tidak dapat melakukan suatu hal yang orang tua inginkan. karena hal tersebut justru akan menjadikan psikologis serta mentalnya menjadi terganggu. mereka memiliki karakteristik kecerdasan sendiri yang bisa kita sebagai orang tua latih dan juga kita kembangkan sejak dini.

Dilansir dari parentingclub.co.id Orangtua memainkan peran penting dalam membangkitkan kemampuan belajar anak yang terpendam tersebut atau mengembangkan kepiawaiannya saat ini melalui pengalaman yang diberikan kepada anak di lingkungan rumah. Berikut adalah 15 cara untuk memunculkan yang terbaik dalam diri anak Anda:


  1. Biarkan anak menemukan minatnya sendiri. Perhatikan aktivitas yang dipilihnya. Kesempatan untuk bermain bebas ini dapat banyak menunjukkan dimana kemampuan khusus yang dimilikinya.
  2. Perkenalkan anak dengan berbagai jenis pengalaman yang luas cakupannya. Hal ini dapat mengaktifkan kepintaran pembelajaran laten mereka.
  3. Berikan kesempatan anak Anda untuk melakukan kesalahan. Jika dia harus melakukan semuanya dengan sempurna, dia tidak akan pernah mengambil risiko untuk menemukan atau mengembangkan kemampuan pembelajaran khususnya.
  4. Bertanyalah. Bantu anak Anda untuk menjadi terbuka ke berbagai hal menarik di dunia dengan menanyakan beberapa pertanyaan seperti: Kenapa langit berwarna biru? Temukan jawabannya bersama.
  5. Rencakan kegiatan keluarga bersama. Kreativitas bersama dapat membangkitkan dan mengembangkan potensi pembelajaran yang baru.
  6. Sediakan lingkungan yang kaya dengan penginderaan. Sediakan materi disekeliling rumah yang dapat merangsang indera: cat jari, alat perkusi, dan boneka/wayang, dll.
  7. Jagalah minat belajar anak agar tetap hidup. Anak akan terpengaruh dengan contoh yang diberikan orang tua.
  8. Jangan mengkritik atau menghakimi apa yang dilakukan anak. Dia dapat menyerah jika merasa dinilai.
  9. Bagi dan ceritakan kesuksesan anak kepada keluarga. Membicarakan tentang hal baik yang terjadi hari itu dapat berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri.
  10. Dengarkan cerita dan celoteh anak. Hal yang sangat dia pedulikan dapat memberikan petunjuk tentang kemampuan spesialnya.
  11. Jangan suap anak dengan hadiah, Memberikan insentif agar anak dapat meraih sesuatu menandakan bahwa pembelajaran tersebut sebenarnya tidak bermanfaat.
  12. Hindari membandingkan anak dengan anak lain. Bantu anak untuk membandingkan dirinya dengan pencapaian masa lalunya.
  13. Berikan anak pilihan. Itu akan memupuk tekad dan mendorong inisiatif belajarnya.
  14. Jangan berasumsi bahwa dia tidak pintar di area tersebut hanya karena dia tidak menunjukkan minat.
  15. Jangan paksa anak untuk belajar. Jika anak-anak dikirim ke kursus khusus setiap hari untuk belajar dengan harapan mereka dapat mengembangkan kemampuan belajar mereka, mereka mungkin bisa menjadi terlalu stres atau lelah untuk bersinar. Semangati, namun jangan paksakan.


jadi untuk para orang tua coba langkah-langkah diatas. untuk mengembangkan potensi kecerdasan anak kita. jangan sampai kita kehilangan momen-momen yang potensial untuk mendidik anak.

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah-langkah Membuat Anak Menjadi Cerdas"

Post a Comment