Keren, 6 Negara Ini Menggunakan Bahasa Jawa

Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam suku, budaya serta bahasa. Jawa merupakan salah satu suku di indonesia yang terbesar yang terkenal akan kesopanan dan juga kelemah lembutanya. Bahasa yang digunakan merupakan bahasa jawa dimana bahasa ini juga beragam di masing-masing daerah.


Namun seiring perkembangan zaman lambat laun bahasa ini mulai didinggalkan oleh generasi suku jawa yang sekarang. Mereka merasa malu karena takut dianggap katrok dan kampungan. Padahal sebagai bangsa indonesia khususnya suku jawa harus bangga dengan bahasa daerahnyanya sendiri.

Bahasa merupakan cermin sebuah daerah yang secara khas ada di indonesia. Dengan bahasa kita dapat mengenal satu sama lain.

Siapa sangka bahasa jawa ternyata tidak hanya ada di Indonesia Bahasa ini tersebar luas ke seluruh dunia. Inilah beberapa negara di Dunia yang menggunakan bahasa Jawa.

Indonesia



Di Indonesia bahasa jawa digunakan di sebagian besar daerah di jawa

Suriname


Negara yang berada di Amerika selatan ini merupakan bekas jajahan Belanda. Dahulu penjajah belanda banyak mendatangkan orang jawa ke suriname untuk di pekerjakan. Di Suriname ada sekitar 75.000 orang jawa yang tinggal disana.

Singapura


Negara yang berada di utara sumatra ini terdapat orang jawa sejak 1825 yang didatangkan sebagai buruh perkebunan karet, jalur kereta api dan juga konstruksi jalan.

Malaysia


Seperti halnya Singapura orang jawa juga banyak terdapat di Malaisia, Meskipun masih menggunakan adat dan budaya Jawa namun mereka secara sah masuk sebagai warga melayu Malaysia.

Belanda


Belanda atau lebih kita kenal dengan negeri kincir angin. Seperti yang kita tahu belanda pernah menjajah Indonesia selama sekitar 350 tahun lamanya. Dimana pada saat itu orang jawa dikirim ke belanda sebagai budak orang Belanda.

Kaledonia baru


Sebuah negara di seberang samudera pasifik. Negara ini dihuni oleh warga jawa yang menjadi kuli kontrak dan mencari kehidupan di negeri orang. yang kemudian mereka menetap disana.

Ternyata bahasa jawa telah mendunia. Bahasa jawa di negara lain justru lebuh dihargai karena keunikan yang dimiliki bahasa jawa. Jangan sampai bahasa jawa yang kita miliki menghilang begitu saja hanya karena malu dan takut dibilang katrok karena bahasanya ndeso. Inilah yang menjadi kesalahan kita apa yang kita miliki lebih dihargai oleh negara lain yang sebenarnya bukan siapa-siapa kita.

Mari kita lestarikan bersama budaya serta bahasa yang kita miliki bersama agar dimasa yang akan datang kita masih dapat menikmati apa itu Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keren, 6 Negara Ini Menggunakan Bahasa Jawa"

Post a Comment