Seputar Jerawat, Jenis, Cara Mencegah dan Mengobati

Jerawat merupakan musuh terbesar bagi setiap orang, biasanya bila sudah terkena jerawat kita akan berusaha sekuat tenaga untuk menutupinya terutama perempuan. secara ilmiah jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Pada kesempatan kali ini akan dipaparkan jerawat, sebab terjadinya, jenis-jenis jerawat, cara mengobati secara alami, serta cara mencegah tumbuhnya jerawat.

Seputar Jerawat, Jenis, Cara Mencegah dan Mengobati

Penyebab



1. Produksi minyak berlebihan
Bagi seseorang yang memiliki masalah minyak berlebih jerawat mudah sekali menyerang karena pori-pori kulit wajah tersumbat yang kemudian berkolaborasi dengan bakteri sehingga menimbulkan peradangan pada jerawat.

2. Sel-sel kulit mati

Kulit wajah kita memang rutin mengganti sel-sel kulitnya, Sel-sel kulit mati yang tertinggal yang bercampur dengan debu atau kotoran, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. tidak hanya pada wajah tetapi juga dapat menyerang punggung, dada dan lengan.

3. Bakteri
bakteri merupakan penyebab paling sering terbentuknya jerawat, bakteri cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjaryang terkena bakteri tersebut terus membengkak, dan jika pecah kemudian dapat menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya.

4. Stres
Orang yang mengalami stres akan mengeluarkan hormon tertentu yang kemudian memungkinkan tumbuhnya jerawat.

Jenis-jenis jerawat


1. Komedo
Komedo sebenarnya merupakan sumbatan yang ada pada pori-pori kulit, komedo dibagi menjadi dua yaitu pertama komedo yang terbuka (blackhead), akan terlihat bejolan kecil yang menghitam. kedua omedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

2. Jerawat biasa
jerawat yang satu ini paling mudah dikenal karena mudah dilihat danberwarna kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat kemudian terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari benda yang ada di sekitar kita seperti waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

3. Jerawat batu
Cystic acne atau jerawat batu adalah jerawat yang berbentuk besar-besar, desertai dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga berasal dari keturunan, penderitanya biasanya memiliki Kelenjar minyak yang berlebihan yang membanjiri pori-pori. Pertumbuhan sel-sel kulit yang lambat yang yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal, akan menimbulkan bekas yang permanen.

Cara alami menghilangkan jerawat secara alami


Memang banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat, baik dengan obat, dokter, alamiah dan yang lainnya. tapi yang paling aman, murah, dan juga mudah adalah dengan cara yang alami, ini dia beberapa cara yang dapat kita gunakan.

1. Menggunakan Es Batu

Es batu berfungsi mengecilkan pori-pori kulit dan juga meningkatkan sirkulasi darah pada sekitar area yang terkena jerawat, mengurangi bakteri penyebab jerawat, membersihkan kotoran pada kulit dan mengurangi minyak berlebih pada kulit.

Aplikasi
Siapkan es batu secukupnya
Bungkus menggunakan kain yang steril
tekan pada area wajah yang berjerawat secara merata
Tahan selama beberapa menit dan lepaskan ketika sudah tak bisa menahan rasa dinginnya
Ulangi lagi terus proses tersebut selama berkali-kali sekitar 10-20 kali
Lakukan cara ini dengan rutin

2. Menggunakan Madu
Madu memang sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan, madu mengandung anti biotik alami yang sangat tinggi, madu dapat mencegah infeksi menyebar yang berakibat meradangnya jerawat.

Aplikasi
Siapkan madu alami lebah madu
balurkan merata pada jerawat menggunakan kapas
Diamkan sekitar 25-35 menit
Bersihkan wajah menggunakan air bersih
Lakukan rutin hingga mendapatkan hasil yang maksimal

3. Menggunakan Buah Lemon
Lemon merupakan buah dengan kandungan vitamin c yang tinggi, sehingga lemon sangat baik jika digunakan untuk mengecilkan dan mengobati jerawat.Tetapi dengan catatan pergunakan lemon yang masih segar dan cara ini mungkin tidak cocok untuk kulit yang sensitif.

Aplikasi
Sediakan 1-2 buah lemon segar
Peras lemon
Balurkan air lemon pada wajah yang berjerawat menggunakan kapas
Lakukan ini secara rutin saat malam menjelang tidur hingga jerawat bersih

4. Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih yang biasa kita kenal digunakan sebagai bumbu dapur ini merupakan antijamur, antiseptik, antioksidan dan antivirus yang sangat bermanfaat sekali untuk wajah berjerawat. Bawang putih juga mengandung sulfur yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Aplikasi
Ambil bawang putih kemudian potong menjadi dua
Gosok-gosokkan bawang putih yang telah dipotong ke jerawat dan biarkan selama 5-10 menit
Cucilah wajah menggunakan air bersih
Lakukan ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang maksimal

5. Menggunakan Buah Tomat
Tomat merupakan buah yang juga kaya dengan kandungan Vitamin A dan Vitamin C. Kandungan vitamin yang tinggi tersebut membuat buah tomat sangat baik untuk dijadikan obat alami untuk menghilangkan jerawat.

Aplikasi
Sediakan 1 buah tomat yang sudah matang
hancurkan dengan blender sampai rata
balurkan secara merata pada area yang berjerawatat
Diamkan sekitar 10-15 menit
Lakukan dengan rutin

6. Menggunakan Buah Jeruk Nipis

Jeruk nipis umumnya dipakai oleh ibu rumah tangga untuk keperluam memasak dan mencuci piring-piring kotor. Selain itu jeruk nipis juga banyak sekali dijadikan sebagai obat karena banyak mengandung Vitamin C. Jeruk nipis bisa dijadikan obat untuk menghilangkan jerawat yang cukup efektif.

Aplikasi
Sediakan 1 buah jeruk nipis
Peras airnya dan ambil sekitar 1-2 sendok makan
Campur dengan madu 1-2 sendok makan
Oleskan pada jerawat menggunakan kapas
Biarkan selama 10-20 menit
Bilas dengan air hangat
Cuci muka denngan air dingin
Lakukan dengan rutin hingga jerawat sembuh

Cara mencegah jerawat


Hindari memakai kosmetik yang berlebih dan berbahaya bagi kulit
Jangan menyentuh wajah yang berjerawat karena dapat menularkan bakteri
Jangan memencet jerawat anda karena akan mengakibatkan peradangan
Bersihkan wajah dengan cuci muka
Seringlah Berolahraga
Perbanyak minum air putih

Demikian sekilas tentang apa itu jerawat, sebab terjadinya, jenis-jenis jerawat, cara mengobati secara alami, serta cara mencegah tumbuhnya jerawat.

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seputar Jerawat, Jenis, Cara Mencegah dan Mengobati"

Post a Comment