Pencipta Peta Dunia Pertama Adalah Orang Islam

Peta merupakan miniatur bumi, peta sangat dibutuhkan ketika seseorang mengunjungi sebuah wilayah yang belum pernah dikunjungi. Dengan adanya peta, seseorang dapat terhindar dari tersesat di jalan. Seseorang yang disebut-sebut sebagai pencipta pertama peta dunia adalah Muhidin Peri Reis. peri reis dilahirkan di gilipoli, turki, pada tahun 1465. Piri reis adalah seorang pelaut yag tangguh.

Pencipta Peta Dunia Pertama Adalah Orang Islam

Ia pernah memimpin armada laut pada masa Khilafah Usmaniah. Tahun 1513 adalah tahun dimana untuk pertamakalinya Piri Reis membuat peta dunia yang diciptakannya kedalam buku berjudul al-bahriy versi pertama. Buku tersebut ditulis piri Reis dalam dalam rentang waktu lima tahun (1521-1526). Didalam buku tersebut, dilengkapi dengan petunjuk navigasi dan keadaan negara yang pernah dikunjunginya.

Pada tahun 1528-1529, armada laut pimpinan Piri Reis terlibat pertempuran dengan pasukan Portugis dilaut Merah dan laut India. peristiwa ini memberi inspirasi bagi Riri reis untuk menulis buku al-Bahriy versi kedua. Buku ini diproyeksikan sebagai pelengkap buku pertama. Buku al-bahriy adalah pedoman terlengkap dalam dunia pelayaran. isu buku tersebut merupakan perpaduan antara teknik melaut dan pengamatan geografis. segala tata cara dan perlengkapan melaut dibahas tuntas dibuku ini. versi pertama buku ini terdiri dari 132 bab dan buku kedua terdiri dari 210 bab.

Piri Reis tercatat telah melakukan pelayaran dari Afrika, Amerika Selatan, sampai Antartika. Padahal, orang Eropa baru menemukan benua es Antartika. Padahal orang eropa baru menemukan benua es Antartika itu pada tahun 1818. Menurut sebuah sumber, peta benua Amerika yang dibuat Piri Reis lebih akurat di banding peta yang di buat Cristopher colombus.

sekarang buku al-bahri tersimpan secara rapi di musium di turki.

semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pencipta Peta Dunia Pertama Adalah Orang Islam"