Lakukah Perbuatan Ini Bila Ingin Khusnul Khotimah

Setiap manusia pasti bercita cita meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. Karena khusnul khatimah merupakan ciri atau pertanda bahwa orang tersebut akan mendapatkan nikmat kubur, nikmat akhirat kelak. Manusia mana coba yang tidak menginginkan itu semua??

Lakukah Perbuatan Ini Bila Ingin Khusnul Khotimah

Rasulullah SAW bersabda,

“Sungguh amalan itu dilihat dari akhirnya” . (HR. Bukhari)

Ada peribahasa mengatakan “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”. Sedangkan untuk meraih khusnul khatimah ada kuncinya yaitu istiqamah. Istiqamah dapat tercapai apabila kita membiasakan diri melakukakan suatu amalan meski sedikit tapi rutin.

Rasuullah SAW bersabda,

Amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang rutin dilakukan meskipun sedikit”. (HR Bukhari dan Muslim)

Namun tidak cukup sampai disini, yang perlu kita lakukan setelah kita membiasakan suatu amalan adalah menghitungya. Bukan tentang seberapa amal yang kita lakukan, tetapi mengenai adakah sesuatu yang salah, kurang atau cacat ketika menjalankanya. Singkatnya, istiqamah diikuti dengan muhasabah (Evaluasi).

Mari kita belajar istiqamah terhadap amalan yang kita lakukan,. Karena kita tidak tau sejauh mana permata yang kita gali. Masih jauhkah atau sudah dekat. Jangan sampai kita menyesal karena permata yang kita galipadahal sudah dekat tetapi kita membalik arah dan berhenti menggalinya.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lakukah Perbuatan Ini Bila Ingin Khusnul Khotimah"

Post a Comment