Pentingnya Silaturahmi

Di era modern ini, kebanyakan dari kita sibuk dengan urusan masing masing. Sehingga kita lupa dengan dengan kedudukan kita sebagai makhluk sosial yang harus hidup berdampingan dengan orang lain. Perlu adanya komunikasi dan tali persaudaraan yang terjaga agar kita dapat hidup perdampingan dan selaras.

Salah satu menjaganya adalah dengan bersilaturahmi. Silaturahmi sejatinya ialah memelihara hubungan baik dengan sesama manusia. Silaturahmi sangat penting agar kita mengetahui keadaan saudara – saudara dan orang disekitar kita. Bahkan, Allah SWT memberikan penilaian yang begitu tinggi terhadap silaturahmi. Disejajarkan dengan perintah bertakwa.

Di era modern ini, kebanyakan dari kita sibuk dengan urusan masing masing. Sehingga kita lupa dengan dengan kedudukan kita sebagai makhluk sosial yang harus hidup berdampingan dengan orang lain. Perlu adanya komunikasi dan tali persaudaraan yang terjaga agar kita dapat hidup perdampingan dan selaras.  Salah satu menjaganya adalah dengan bersilaturahmi. Silaturahmi sejatinya ialah memelihara hubungan baik dengan sesama manusia. Silaturahmi sangat penting agar kita mengetahui keadaan saudara – saudara dan orang disekitar kita. Bahkan, Allah SWT memberikan penilaian yang begitu tinggi terhadap silaturahmi. Disejajarkan dengan perintah bertakwa.    Allah ta’ala berfirman  “ dan bertaqwalah kamu kepada Alloh yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) silaturahmi. Sesungguhnya alloh selalu menjaga dan mengawasi kamu”. (QS An-Nisa: 1)  Ini membuktikan betapa pentingnya silaturahmi dalam pandangan Islam. Dalam Hadis Rasulullah SAW juga menjelaskan dan menguatkan betapa Allah menganjurkan silaturahmi.  Rasulullah SAW bersabda,  “ Siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah ia memuliakan tamunya, siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah ia menjaga silaturahmi; dan siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah ia berkata yang baik atau kalau tidak hendaklah ia diam” (HR Bukhari dan Muslim).  Dari keterangan dan dalil-dalil diatas dapat disimpulkan betapa pentingnya silaturahmi dan sangat dianjurkannya silaturahmi. Semoga Bermanfaat, Kebenaran datangnya hanya dari Allah SWT, Dan kesalahan dari saya.  Oleh Noto Saputro

Allah ta’ala berfirman

“ dan bertaqwalah kamu kepada Alloh yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) silaturahmi. Sesungguhnya alloh selalu menjaga dan mengawasi kamu”. (QS An-Nisa: 1)

Ini membuktikan betapa pentingnya silaturahmi dalam pandangan Islam. Dalam Hadis Rasulullah SAW juga menjelaskan dan menguatkan betapa Allah menganjurkan silaturahmi.

Rasulullah SAW bersabda,

“ Siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah ia memuliakan tamunya, siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah ia menjaga silaturahmi; dan siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah ia berkata yang baik atau kalau tidak hendaklah ia diam” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari keterangan dan dalil-dalil diatas dapat disimpulkan betapa pentingnya silaturahmi dan sangat dianjurkannya silaturahmi.
Semoga Bermanfaat, Kebenaran datangnya hanya dari Allah SWT, Dan kesalahan dari saya.

Oleh Noto Saputro

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Silaturahmi"

Post a Comment