Media Menyempurnakan Iman

Assalamu’alaikum guys, kemaren telah dibahas bahas tentang pengertian ikhlas dan kedudukannya. Kali ini akan coba saya paparkan tentang klasifikasi ikhlas dan keutamaan dari ikhlas. Ada beberapa klasifikiasi ikhlas dan keutamaan dari ikhlas.

Media Menyempurnakan Iman

Klasifikasi ikhlas


Pertama Ikhlas Mubtadi
Ikhlas Mubtadi yakni orang yang beramal karena Allah, tetapi di dalam hatinya terbesit keinginan pada dunia. Ibadahnya dilakukan hanya untuk menghilangkan kesulitan dan kebingungan. Ia melaksanakan shalat tahajud dan bersedekah karena ingin usahanya berhasil.

Kedua Ikhlas Abid
Ikhlas Abid yakni orang yang beramal karena Allah dan hatinya bersih dari riya’ serta keinginan dunia. Ibadahnya dilakukan hanya karena Allah dan demi meraih kebahagiaan akhirat, menggapai surge, takut neraka, dengan dibarengi keyakinan bahwa amal ini bias menyelamatkan dirinya dari siksaan api neraka

Ketiga Ikhlas Muhibb
Ikhlas Muhibb yakni orang yang beribadah karena hanya karena Allah, bukan ingin surga atau takut neraka. Semuanya dilakukan karena bakti dan memenuhi perintah dan mengagungkan-Nya.

Keempat Ikhlas Arif
Ikhlas Arif yakni orang yang dalam ibadahnya memiliki perasaan bahwa ia digerakan Allah. Ia merasa bahwa yang beribadah itu bukanlah dirinya. Ia hanya menyaksikan ia sedang digerakan Allah karena memiliki keyakinan bahwa tidak memiliki daya dan upaya melaksanakan ketaatan dan meninggalkan kemaksiatan. Semuanya berjalan atas kehendak Allah.

keutamaan ikhlas


Ikhlas memiliki beberapa keutamaan. Mari kita bahas bersama

Pertama sempurnalah imannya

Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa memberi karena Allah, menolak karena Allah, mencintai karena Allah, membenci karena Allah, dan menikah karena Allah, maka sempurnalah imannya." (HR. Abu Daud)

Kedua disukai dan dicintai oleh Allah

Rasulullah SAW bersabda,

“sesungguhnya Allah SWT tidak memandang postur tubuhmu dan tidak pula pada kedudukan maupun harta kekayaanmu, tetapi Allah memandang pada hatimu. Barangsiapa memiliki hati yang shaleh maka Allah menyukainya. Bani Adam yang paling dicintai Allah ialah yang paling bertakwa." (HR. Ath-Thabrani dan Muslim)

Ketiga diperbaiki hubunganya dengan Allah dan disempurnakan hubunganya dengan manusia

Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa memperbaiki hubunganya dengan Allah maka Allah akan menyempurnakan hubunganya dengan manusia. Barangsiapa memperbaiki apa yang dirahasiakannya maka Allah akan memperbaiki apa yang dilahirkannya (terang-terngan)”. (HR. Al Hakim)

Keempat mendapatkan pahala

Rasulullah SAW bersabda,

“Seseorang sahabat berkata kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, seseorang melakukan amal (kebaikan) dengan dirahasiakan dan bila diketahui orang ia juga menyukainya (merasa senang).”Rasulullah SAW berkata,” Baginya dua pahala yaiutu pahala yang dirahasiakannya dan pahala terang-terangan”. (HR. Tirmidzi)

Kelima menambah loyalitas seseorang

Rasulullah SAW bersabda,

“Agama ialah keikhlasan (kesetiaan atau loyalitas). Kami lalu bertanya,”Loyalitas kepada siapa, ya Rasulullah?” Rasulullah SAW menjawab, “kepada Allah, kepada kitab-Nya (Al-qur’an), kepadana rasul-Nya, kepada penguasa muslimin dan kepada rakyat awam”. (HR. Muslim)

Sungguh luar biasa keutamaan dari ikhlas, mari kita belajar untuk ikhlas agar mendapat keutamaan- keutamaan dari ikhlas dan tentu saja ridho Allah. Mari belajar bersama.

Semoga bermanfaat
Oleh Noto saputro

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Media Menyempurnakan Iman"

Post a Comment