Hukuman Bila Durhaka Kepada Orang Tua

Durhaka kepada orang tua merupakan suatu sikap yang sangat tercela. Sikap yang akan menghilangkan keutamaan, menimbulkan kejelekan, bukti atas kebodohan, serta menjadi kehinaan serta merendahkan diri kita.

Dosa besar setelah kesyirikan ialah durhaka kepada kedua orang tua, pelakunya akan mendapat azab baik di dunia maupun di akhirat, dan tentu saja akan menjauhkan dirinya dari surga Allah.

hukuman bila durhaka terhadap orang tua

Pertama Mendapat azab didunia maupun di akhirat

Durhaka kepada kedua orang tua termasuk perbuatan yang zalim dan juga memutuskan tali silaturrahmi yang akan diazab oleh Allah baik di dunia maupun di akhirat.

Dari Abu Bakrah ra Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“tidak ada dosa yang yang pelakunya mendapat hukuman dari Allah didunia dan juga diakhirat dari pada berbuat zalim dan memutuskan tali silaturrahmi.” (HR. At Tirmidzi dan Abu Dawud)

Kedua Dilaknat Oleh Allah ta’ala

Sesungguhnya orang –orang yang menghina dan melaknat kedua orangtua nya akan dilaknat oleh Allah ta’ala.

Dari Ali ra bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“....dan Allah melaknat seorang yang melaknat kedua orangtuanya.” (HR. Muslim)

Ketiga Termasuk tiga golongan yang tidak akan dilihat Allah pada hari kiamat.

Dari Salim bin Abdullah, dari ayahnya bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ada tiga golongan yang tidak akan dilihat Allah ‘Azza wa jalla pada hari kiamat: orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, wanita yang menyerupai laki-laki, dan seorang suami yang tidak ada rasa cemburu terhadap istrinya.” (HR. An-Nasai)

Keempat masuk neraka dan dijauhkan dari rahmat Allah ta’ala

Dari Abu Hurairah ra, Jibril pernah berdoa bagi orang yang durhaka dan diamini oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ,

(jibril berkata), “Dan diapa saja yang bertemu dengan kedua orang tua atau salah satunya ketika masih hidup, namun ia tidak berbakti kepadanya, lalu meninggal, kelak ia akan masuk neraka, maka Allah akan menjauhkannya dari rahmat-Nya. ‘jibril berkata, ucapkanlah Amin’, maka saya ucapkan Amin.” (HR. Ibnu Hibban)

Kita sebagai manusia yang beriman wajib bagi kita untuk berbakti kepada orang tua kita. Dengan berbakti kepada mereka maka akan mendatangkan rahmat dan keridhaan Allah ta’ala dan derajat yanng tinggi disurga kelak. ” Amin”

Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hukuman Bila Durhaka Kepada Orang Tua"

Post a Comment