Cara Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Berbakti merupakan cara kita sebagai seorang anak untuk membalas kebaikan dari pada kedua orang tua. Kebaikan dan pengorbanan orang tua tidaklah mungkin dapat kita balas. Tetapi dengan kita berbakti kita dapat membuat senang keduanya. Sehingga dapat mendatanngkan keridhaan dari Allah ta’ala.

cara berbakti kepada orang tua

Berikut merupakan cara kita dalam membaktikan dirikita kepada orang tua:

Pertama Menaati keduanya

Berbuat baik kepada orang tua meliputi berkata yang baik, perbuatan yang baik, dan juga merendahkan diri.
Allah ta’ala berfirman,

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia. dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".(QS. Al-Isra: 23-24)

Kedua Mendoakan keduanya

Allah ta’ala berfirman, tentang doa nabi Nuh as

“...Dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".(QS. Al-Isra: 24)

Allah ta’ala berfirman,

“Ya Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahKu dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan."(QS. Nuh: 28)

Ketiga Mendoakan ketika mereka meninggal

Dari Abu Hurairah ra Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabilla seorang meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amal perbuatannya kecuali tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakan orang tuanya.”(HR. Muslim)

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk dapat berbakti kepada orang tua kita.

Semoga bermanfaat.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Berbakti Kepada Kedua Orang Tua"

Post a Comment