Sujud Syukur

Nikmat dari Allah SWT memang tidak akan bisa kita hitung seberapa banyaknya. Ketika kita mendapatkan suatu nikmat dari Allah SWT, tentu saja kita harus berterimakasih kepada Allah SWT.

Cara kita berterimakasih adalah dengan cara kita senantiasa bersyukur dan menerima seluruh nikmatnya. adapun cara kita bersyukur dengan menggunakan perbuatan adalah dengan cara sujud syukur.

Sujud Syukur

Sujud syukur merupakan suatu sujud yang dikerjakan manakala seseorang mendapat kenikmatang yang luar biasa dari Allah SWT atau bisa juga ketika kita terhindar dari suatu bahaya atau musibah.

Dengan bersujud merupakan tanda terimakasih kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah Ia berikan kepada kita.

Rasulullah SAW bersabda,

عَنْ أَبِى بَكْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ كَانَ إِذَا جَاءَهُ أَمْرُ سُرُورٍ أَوْ بُشِّرَ بِهِ خَرَّ سَاجِدًا شَاكِرًا لِلَّهِ

"Dari Abu Bakrah bahwa Nabi SAW, Apabila mendapatkan sesuatu yang disenangi atau diberi kabar gembira, segeralah tunduk bersujud sebagai tanda syukur kepada Allah Ta'ala." (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Turmudzi)

Dalam riwayat Baihaqi, "Bahwa Ali RA, ketika menulis surat kepada Nabi SAW. untuk memberitahukan masuk islamnya suku Hamdzan, Beliaupun sujud dan setelah mengangkat kepalanya terus bersabda, 'selamat sejahtera atas suku Hamdzan!selamat sejahtera atas suku Hamdzan!"

Doa yang diucapkan Pada saat sujud syukur adalah sama seperti doa pada saat sujud dalam shalat. Karena sujud sukur bukan merupakan sholat maka tidak mengapa jika kita tidak dalam keadaan suci. caranya adalah kita langsung sujud tanpa harus menghadap arah kiblat.

Marilah kita selalu meningkatkan rasa bersyukur kita kepada Allah SWT terhadap nikmat yang diberikan-Nya.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sujud Syukur"

Post a Comment