Makharijul Huruf

Ketika kita Membaca Al-Quran, kita mengeluarkan suara. Suara yang kita keluarkan dari mulut kita ternyata dihasilkan dari tempat yang berbeda-beda pada setiap hurufnya, inilah yang yang disebut dalam ilmu tajwid dengan makharijul huruf. Makharijul huruf merupakan tempat-tempat keluarnya huruf.

Menurut para ahli ilmu tajwid, tempat-tempat keluarnya huruf yang pokok ada lima, adalah sebagai berikut :

Makharijul Huruf

a. Al-Jauf

Al-jauf artinya adalah dalam. Yaitu tempat keluarnya huruf hijaiyah yang terletak pada rongga mulut dan rongga tenggorokan. Bunyi huruf yang keluar dari rongga mulut dan rongga tenggorokan ada tiga macam, yaitu : alif ( ا ), wawu mati ( وْ ) dan ya’ mati ( يْ ).

b. Al-Halqi

Al-halqi artinya tenggorokan atau kerongkongan. Yaitu tempat keluar bunyi huruf hijaiyah yang terletak pada kerongkongan atau tenggorokan. huruf-hurufnya adalah: ء ه ع غ ح خ

Berdasarkan perbedaan teknis pelafalannya dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

1) Aqshal halqiy (pangkal tenggorokan), yaitu huruf hamzah ( ء )dan ha’ ( ه )

2) Wasthul halqiy (pertengahan tenggorokan), yaitu huruf ha’ ( ح ) dan ’ain ( ع )

3) Adnal halqiy (ujung tenggorokan), yaitu huruf ghoin ( غ ) dan kho’ ( خ )

c. Al-Lisan

Al-lisan artinya lidah, yaitu Bunyi huruf hijaiyah dengan tempat keluarnya dari lidah. Huruf-hurufnya ada 18 dan dapat dikelompokkan menjadi 10 makhraj sebagai berikut :

1) Pangkal lidah dan langit-langit mulut bagian belakang, yaitu huruf Qof ( ق ). Bunyi huruf ini keluar dari pangkal lidah paling belakang dan dekat dengan kerongkongan yang dihimpitkan ke langit-langit mulut bagian belakang.

2) Pangkal lidah bagian tengah dan langit-langit mulut bagian tengah, yaitu huruf Kaf ( ك ).Bunyi huruf ini keluar dari pangkal lidah tetapi lebih maju dari makhraj huruf qof yang dihimpitkan ke langit-langit bagian mulut bagian tengah.

3) Lidah bagian tengah, yaitu huruf Jim ( ج ), Syin ( ش ) dan Ya ( ي ).Huruf tersebut keluar dari lidah bagian tengah tepat, dan menempel pada langit-langit mulut yang tepat di atasnya.

4) Pangkal tepi lidah, yaitu huruf Dlod ( ض ). Huruf ini keluar dari tepi lidah (kanan atau kiri) hingga seperti bersambung dengan makhrojnya huruf lam, serta menepati graham.

5) Ujung tepi lidah, yaitu huruf Lam (ل). Bunyi huruf Lam (ل) keluar dari tepi lidah (sebelah kiri/kanan) hingga penghabisan ujung lidah, serta menepati dengan langit-langit mulut atas.

6) Ujung lidah, yaitu huruf Nun (ن). Bunyi huruf Nun (ن) keluar dari ujung lidah, huruf ini lebih masuk sedikit ke dasar lidah dari pada Lam (ل)), dan menepati dengan langit-langit mulut atas.

7) Ujung lidah tepat, yaitu huruf Ra’ (ر). Bunyi huruf Ra’ (ر) keluar dari ujung lidah tepat dan menepati dengan langit-langit mulut atas.

8). Gusi atas, yaitu Dal (د), Ta’ (ت) dan Tho’ (ط). Bunyi huruf-huruf tersebut keluar dari ujung lidah, serta menepat i dengan pangkal dua gigi seri yang atas.

9) Runcing lidah, yaitu huruf Shod (ص), Sin (س) dan Zai (ز). Bunyi huruf-huruf tersebut keluar dari ujung lidah, dan menepati ujung dua gigi seri yang bawah.

10) Gusi, yaitu huruf Dho’ (ظ), Tsa’ (ث) dan Dzal (ذ). Bunyi huruf tersebut keluar dari ujung lidah, serta menepati dengan ujung dua gigi seri yang atas.

d. Al-Syafatain


Al-syafatain artinya adalah dua bibir. Yaitu tempat keluarnya huruf hijaiyah yang terletak pada kedua bibir. (و), fa’ (ف), mim (م) dan ba’ (ب) merupakan huruh-huruf Al-Syafatain.

Huruf Al-Syafatain dikelompukkan menjadi:

1) Fa’ (ف) keluar dari dalamnya bibir yang bawah, dan menepati dengan ujung dua gigi seri yang atas.

2) Wawu, Ba, Mim (و , ب , م) keluar dari antara dua bibir (antara bibir atas dan bawah). Hanya saja untuk Wawu bibir membuka, sedangkan untuk Ba dan Mim bibir membungkam.

e. Al-Khaisyum

Artinya adalah pangkal hidung. Yaitu tempat keluarnya huruf hijaiyah yang terletak pada janur hidung. Dan apabila kita menutup hidung ketika membunyikan huruf tersebut, maka tidak dapat terdengar. Hurufnya yaitu nun (ن) dan tanwin.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makharijul Huruf"

Post a Comment