Keutamaan-Keutamaan Sholat Sunnah

Sholat sunnah artinya adalah ibadah tambahan atau kelebihan. Karena merupakan tambahan maka ibadah ini dilakukan secara sukarela, dan bukan merupakan ibadah yang diwajibkan. Meskipun merupakan ibadah sukarela tetapi ibadah ini sangatlah luar biasa keutamaannya. Apa saja keutamaan dari sholat sunah ini.


1. Penyempurna sholat wajib dan menutupi kekurangannya


Rasulullah SAW bersabda,

"Amal seorang hamba yang pertama kali dihisab kelak pada hari kiamat adalah sholat. Jika dahulu (sewaktu didunia) dia menyempurnakan shalatnya, maka akan dicatat bahwa shalatnya sempurna. Akan tetapi, jika ia tidak menyempurnakan sholatnya, maka Allah SWT akan berfirman kepada para malaikat: periksalah oleh kalian apakah hamba-Ku pernah mengerjakan sholat sunnah sehingga dengannya kalian bisa menyempurnakan sholat wajib (yan kurang) . Zakatnya juga diperlakukan seperti itu, begitu juga amal yang lainnya." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad disahihkan oleh Albani)

2. Meninggikan derajat dan menghapus dosa

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Tsauban, sahabat Nabi

Rasulullah SAW bersabda,

"Hendaklah engkau melakukan sujud, sebab tidaklah engkau melakukan melakukan sekali sujud, melainkan Alah akan meninggikan derajatmu satu tingkat dan menghapus satu dosamu." (HR. Bukhari)

3. Merupakn amal sunnah yang paling utama setelah berjihad dan belajar serta mengerjakan ilmu

Hal ini didasarkan pada hadis Tsauban ra, Rasulullah SAW bersabda,

"Berlaku Istiqomahlah kalian, namun ketahuilah baahwa kalian sekali-kali tidak akan bisa berlaku istiqamah secara sempurna. ketahuilah bahwa termasuk amal kalian yang paling baik adalah sholat;dan tidak bisa menjaga wudhu; kecuali orang mukmin." (HR. Ibnu Majah, Darimi, dan Ahmad)

4, Jika dikerjakan dirumah, akan mendatangkan berkah


Rasulullah SAW bersabda,

"bila seorang diantara kalian telah mengerjakan sholat (berjamaah) di masjid, mak berikan bagian sholat (sunah) kepada rumahnya, sebab Allah akan memberikan kebaikan dirumahnya berkat sholat sunahnnya itu." (HR. Muslim)

Dalam Riwayat yang berbeda Rasulullah SAW juga bersabda,

"wahai sekalian manusia, kerjakanlah sholat (sunah) dirumah kalian, sebab shalat yang paling utama adalah sholat yang seorang yang dikerjakan di rumahnya , kecuali sholat fardhu." (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Pelakunya dicintai Allah

Cinta Allah Kepada hamba-NYa akan terwujud jika seorang hamba mau melaksanakan semua ibadah yang telah difardhukan-Nya dan mau kontinyu serta konsisten dalam bertaqarrub kepada-Nya dengan ibadah-ibadah sunnah seperti halnya sholat.

Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan-Keutamaan Sholat Sunnah"

Post a Comment