Tiga Doa yang Tak Tertolak

Dari Abu Hurairah ra, Rosulullah SAW bersabda,

” Ada tiga orang yang doa mereka tidak ditolak : seorang yang berpuasa hingga ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang didzalimi, Allah mengangkat doa itu di atas awan dan dibukakan untuknya pintu-pintu langit, dan Allah berfirman : ” Demi kemuliaan-Ku, aku akan menolongmu, walaupun pada suatu saat nanti, (HR Ahmad)

Dari hadis di atas tersirat bahwa ada tiga doa yang tidak akan tertolak oleh Allah SWT yaitu orang yang berpuasa, pemimpin yang adil dan orang yang teraniaya.


Kenapa Doa merea tidak tertolak?

1. orang yang berpuasa

Orang yang berpuasa itu hatinya bersih jiwanya suci, sikap sombongnya melemah dan sikap tamaknya hancur. Dia lebih dekat dan lebih taat kepada Allah SWT, meninggalkan makanan dan minuman karena takut kepada Sang Maha Pemberi. Dia tidak memperturutkan hawa nafsu karena mentaati Tuhan Pemilik langit dan bumi. Oleh karena ketakwaannya itulah mak doanya tidak tertolak.

2. Pemimpin yang adil

pemimpin merupakan orang yang memjadi panutan orang banyak, sedangkan adil berarti dapat menempatkan seuatu pada tempatnya. Jadi pemimpin yang adil adalah seorang yang dapat menjadi panutan dan sekaligus dapat menempatkan segala sesuatu yang sesuai dengan proporsi agar dapat mengambil keputusan dengan baik.

Dalam al-Qur’an telah dijelaskan mengenai kriteria pemimpin yang baik. Allah SWT berfirman,

“Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami, dan telah Kami wahyukan kepada mereka untuk senantiasa mengerjakan kebajikan, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu mengabdi,” (QS. Al-Anbiya’: 73).

kenapa pemimpin yang adil doanya tidak tertolak? Itu semua karena seorang pemimpin akan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap bawahannya, sehingga Ia memikul semua pertanggungjawaban bawahannya, tugasnya sangat berat sehingga Allah SWT memberinya keutamaan yaitu doanya akan terkabulkan oleh Allah SWT.

3. Orang yang teraniaya

Mengapa doa orang yang teraniaya di kabul Allah SWT? itu karena jiwanya tertekan dan terancam sehingga doanya akan lebih mudah sampai pada Allah SWT.Meskipun Allah SWT melarang kita berdoa untuk mencelakakan orang lain namun khusus terhadap orang-orang yang dizalimi / dianiaya Allah membolehkannya. Jadi saat seseorang dizalimi dan disakiti dan dia mendoakan orang yang menyakitinya agar ditimpa musibah, Allah akan mengabulkannya.

Allah SWT berfirman,

"Allah tidak suka seseorang mengatakan sesuatu yang buruk kepada seseorang dengan terang-terangan melainkan orang yang dizalimi maka dia boleh menceritakan kezaliman tersebut ; dan Allah itu maha mendengar dan maha mengetahui". (QS. An-Nisa:148)

Rasul juga berpesan kepada sahabat untuk menjaga diri dari orang yang teraniaya.

Dari Mu’az ra. berkata, Aku diutus oleh Rasulullah SAW. lalu Beliau SAW. bersabda:
"Sesungguhnya engkau akan mendatangi sesuatu kaum dari ahli kitab, maka ajaklah mereka untuk bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan bahwa aku adalah utusan Allah. Jika mereka telah patuh untuk melakukan itu, maka beritahukanlah bahwa Allah telah mewajibkan atas mereka shalat lima waktu dalam setiap sehari semalam. Jika mereka telah patuh untuk melakukan itu, maka beritahukanlah kepada mereka bahwa Allah mewajibkan atas mereka zakat yang diambil dari orang-orang kaya di antara mereka, kemudian diberikan kepada yang miskin. Jika mereka telah patuh untuk melakukan itu, jauhilah harta mereka. Peliharalah diri kalian dari doa orang yang terzalimi, karena sesungguhnya tidak ada penghalang antara doa tersebut dengan Allah". (Muttafaq ‘alaih)

Doa merupakan sarana kita dalam memohon sesuatu kepada Allah SWT, Doa itu adalah penghubung,sarana untuk berhubungan dengan Allah. Allah menyeru kita untuk berdoa kepada-Nya. Dia menganjurkan kita agar memohon kepda-Nya.

Allah SWT berfirman,

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas (QS. Al-Araf : 55)

Jadi marilah kita berdoa Kepada Allah SWT niscahya doa kita akan terkabul, Amiin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiga Doa yang Tak Tertolak"

Post a Comment