Ternyata Ada Yang Masih Utuh Ketika Sangkakala Ditiup

kata kiamat, yang ada di benak kita ketika mendengar kata kiamat adalah hancurnya bumi, binasanya semua makhluk yang ada di alam semesta.


Tetepi kita harus mengimani hari kiamat karena termasuk dalam rukun iman yang kelima. Kapankah peristiwa ini akan terjadi? tidak ada seorang makhluk pun yang mengetahui perkara yang gaib ini.

Allah SWT berfirman,

"Katakanlah “tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah”, dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan. sebenarnya pengetahuan mereka tentang akhirat tidak sampai (kesana) Malahan mereka ragu-ragu tentang akhirat itu, lebih-lebih lagi mereka buta daripadanya.” (an-Naml: 65-66)

ketika kiamat malaikat israfil akan meniup sangkakala, dimana semua makhluk ciptaan Allah SWT akan hancur.
tetapi ternyata masih ada yang utuh ketika sangkakala ditiupkan.

1. Surga dan Neraka

Allah SWT berfirman,

"Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang takut kepada azab akhirat. Hari kiamat itu adalah suatu hari yang semua manusia dikumpulkan untuk (menghadapi)nya, dan hari itu adalah suatu hari yang disaksikan (oleh segala makhluk).Dan Kami tiadalah mengundurkannya, melainkan sampai waktu yang tertentu.Di kala datang hari itu, tidak ada seorangun yang berbicara, melainkan dengan izin-Nya; maka di antara mereka ada yang celaka dan ada yang berbahagia.Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih).Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki.Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya".(QS. Hud:103-108)

2. Arsy Allah

Allah SWT berfirman,

Dan mereka mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada kami tempat ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana saja yang kami kehendaki; maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal".Dan kamu (Muhammad) akan melihat malaikat-mmlaikat berlingkar di sekeliling 'Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya; dan diberi putusan di antara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: "Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam".(QS.Azzumar:74-75)

3. Kursi Allah

Tidaklah langit yang tujuh dibanding kursi kecuali laksana lingkaran anting yang diletakkan di tanah lapang. (HR, Ibnu Hibban)

4. Lauhul mahfudz

Lauhul mahfudz merupakan kitab catatan dari seluruh kejadian alam semesta.

Allah SWT berfirman,

"Tiada sesuatupun yang ghaib di langit dan di bumi, melainkan (terdapat) dalam kitab yang nyata (Lauhul Mahfuzh)".(QS. An-Naml:75)
Maka dari itu berdasarkan firman tersebut lauhul mahfudz tidak akan hancur.

5. Tulang ekor manusia

Rasul bersabda,

"tiada bagian dari tubuh manusia kecuali akan hancur (dimakan tanah) kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor darinya manusia dirakit kembali pada hari kiamat".(HR. Bukhari).

6. Ruh

Ruh merupakan makhluk Allah yang juga tidak akan hancur ketika ditiupnya sangkakala, sebab ketika manusia meninggal ruh akan diangkat oleh Allah dan kemudian pada hari kebangkitan ruh ini akan dikembalikan lagi ke jasad pemiliknya.

semoga apa yang telah dipaparkan diatas akan menambah keimanan kita terhadap rukun iman yang ke lima yaitu iman terhadap hari kiamat.

Wallahua'lam bissawab.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Ada Yang Masih Utuh Ketika Sangkakala Ditiup"

Post a Comment