Rukun Wudhu

Wudhu berarti bagus bersih indah, wudhu adalah membersihkan anggota tubuh tertentu dari hadas kecil dengan tata cara tertentu yang telah diatur oleh syara’. Hukum asal dari wudhu adalah wajib ketika seoang hamba akan melakukan ibadah seperti sholat dan mambaca Al-Quran.


Firman AllahSWT,

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu sekalian hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan kedua tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki”. (QS. Al –Maidah :6)

Cara yang telah diatur oleh syara adalah

1. Niat wudhu
Niat merupakan perbuatan menyengaja melakukan sesuatu, dimana ketika kita berniat sebaiknya langsung dengan mengerjakan apa yang akan kita kerjakan dalam hal ini adalah membasuh muka. Ada sebuah riwayat mengatakan semua berbuatan tergantung dari niatnya.

2. Membasuh muka atau wajah
Cara membasuh muka adalah dengan cara melebarkan tangan mulai dari batas telinga kanan ke kiri, kemudian dari atas tempat tumbuhnya rambut sampai dagu, sebanyak tiga kali.

3. Membasuh kedua tangan sampai siku
Yang dibasuh adalah mulai dari ujung kuku sampai dengan siku, sebanyak tiga kali.

4. Mengusap kepala
Ada dua pendapat mengenai hal ini yang pertama adalah hanya mengusap sebagian kepala minimal tiga helai rambut , pendapat kedua adalah mengusap seluruh bagian dari kepala.

5. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki
Yaitu mengalirkan air dari ujung kaki sampai dengan matakaki.

6. Tertib
Yaitu menjalankan secara urutan rukun wudhu mulai dari niat sampai dengan membasuh kaki, apabila tidak urut maka wudhunya tidak sah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rukun Wudhu"

Post a Comment