Mengenal setan dan tugasnya

Setan, kita sangat familiar dengan nama setan. Setan berasal dari bahasa arab yaitu syaitan yang artinya jauh, yaitu suatu hal yang menyebabkan manusia atau jin menjauh dari kebenaran.

Allah SWT berfirman,

"Sesungguhnya setan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji,dan mengatakan kepada Allah apa yang tidak kamu ketahui". (QS. Al-Baqarah:169)


Tugas setan adalah mencari sebanyak banyaknya teman untuk menemaninya di neraka, yaitu dengan mengganggu, menggoda dan menggelincirkan manusia kepada kesesatan dan agar manusia lebih jauh dari Allah SWT.

ternyata setan memiliki nama dan tugasnya masing masing, apa saja nama dan tugas setan?

1. Wahhar

Merupakan tentara iblis yang tugasnnya adalah mengganggu didalam mimpi manusia mukmin dengan memunculkan ketakutan dan kesedihan didalam mimpi.

2. Tamrih

Sejenis pembantu iblis yang tugasnya membisikkan kedalam telinga manusia dengan bisikan jahat agar supaya manusi berbuat jahat.

3. Ruhaa

Yaitu setan dari jenis jin yang mencegah manusia untuk bangun malam, maka apabila kita sulit bangun untuk melaksanakan sholat malam ataupun subuh berarti kita sedang diganggu oleh setan.

4. Masuth

Yaitu setan yang mengganggu melalui lidah manusia dengan membuat berita bohong, perkataan yang keji dan perkataan yang menyakiti hati manusia.

5. Khinzib

Ketika kita sering lupa dalam rakaat shalat, lidah kita sering salah dalam membaca suratan dan doa, inilah perbuatan dari setan yang bernama khinzib

6. Dasim

Adalah setan yang menyebabkan kita lupa ketika masuk rumah tidak mengucapkan salam dan tidak ingat untuk berzikir kepada Allah, dan ketika makan kita tidak berdoa.

7. Watsin

Bertugas untuk merusak hati dan pikiran sehingga berdampak pada rusaknya akal dan keimanan, biasanya dia menggoda bagi orang yang tengah tertimpa kesulitan atau musibah.

8. awan

Tugasnya adalah menggoda pemimpin agar menjadi zalim dan menalimi manusia sehingga sehingga manusia yang digodanya menuju jalan kebatilan.
tetapi nama-nama setan diatas kebanyakan terdapat pada hadis yang lemah, dan hanya setan khinziblah yang memiliki hadis yang shahih.

Ada seorang sahabat yang mengadu pada Rasul tentang diganggunya dalam solatnya, kemudian Rasulullah SAW bersabda,"Itu adalah setan namanya khinzib, jika kamu merasa diganggu maka mintalah pertolongan kepada Allah dari gangguannya dan meludahlah kekiri tiga kali", kemudian sahabat berkata "Akupun melakukannya kemudian Allah menghilangkan gangguan itu dariku".(HR. Muslim).

tetapi kita tetap harus mengimani tentang keberadaan mereka agar supaya kita dapat lebih hati-hati dalam hidup ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal setan dan tugasnya"

Post a Comment