Memodifikasi Kendaraan Bisa Didenda Hingga Rp 24 Juta Lho.

Saat ini pemodifikasian sepeda motor dilarang lho, sudah keluar peraturan yang mengatur tentang modifikasi, jadi bagi yang suka memodifikasi kendaraannya akan terbatasi dalam mengekpresikan kreatifitasnya.


Dalam Pasal 316 ayat (2) UU No 22/ 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman pidana penjara paling lama satu tahun atau denda maksimal Rp24 juta. Pasal tersebut memuat larangan modifikasi kepada kendaraan yang diubah bentuknya.

jadi untuk yang merubah bentuk kendaraan akan di pidana penjara paling lama satu tahun atau denda maksimal Rp24 juta.

Seperti apa perubahan bentuk yang dilarang, lebih detailnya diterangkan pada Hal itu sesuai dengan Pasal 131 huruf e dan pasal 132 ayat (2) dan ayat 7 PP No 55 Tahun 2012 tentang kendaraan Jo Pasal 50 ayat (1) UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kendaraan yang dimodifikasi sehingga menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan, daya angkut, wajib dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat.

Point-point yang ditekankan antara lain:

1. Modifikasi kendaraan bermotor hanya dapat dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi dari APM (Agen Pemegang Merk) kendaraan tersebut.

2. Modifikasi kendaraan bermotor wajib dilakukan oleh bengkel umum kendaraan bermotor yang ditunjuk oleh Kementrian Perindustrian.

3. Kendaraan bermotor yang telah dimodifikasi wajib didaftarkan kepada Kesatuan Polri pelaksana registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor pada kantor Samsat untuk memperoleh STNK baru yang sesuai dengan perubahan kendaraan bermotor dimaksud.

Nah untuk itu ketika akan memodifikasi kendaraan anda sebaiknya untuk lebih berhati hati, dari pada uang Rp 24 juta melayang, oke.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memodifikasi Kendaraan Bisa Didenda Hingga Rp 24 Juta Lho."

Post a Comment