Macam Benda Najis Yang Ada Disekitar Kita

Najis merupakan suatu perkara yang menyebabkan terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah SWT, Banyak sekali benda najis yang ada disekitar kita yang mana harus kita ketahui dalam rangka untuk lebih menjaga diri kita dari hal yang najis tersebut


agar supaya saat kita beribadah kepada Allah kita tidak terhalangi karena salah satu anggota tubuh kita atau pakaian kita terkena oleh najis.
Apa saja macamnya?

1. Bangkai

Yaitu hewan yang mati disebabkan tanpa disembelih dengan ketentuan syara’ atau mati dengan sendirinya, atau salah satu potongan dari bagian tubuh hewan yang masih hidup, seperti potongan kaki atau ekor. Kecuali bangkai serangga dan bangkai ikan, dan kulit dari hewan yang sudah disamak.

2. Babi dan anjing

Kedua binatang ini adalah bentuk najis yang paling besar.

3. Darah dan Nanah

Segala jenis darah dan nanah adalah najis kecuali hati dan limpa
Rasulullah SAW berfirman,
“Telah dihalalkan bagi kita dua macam bangkai dan dua macam darah, dua macam bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sementara dua darah tersebut adalah hati dan limpa”. (HR. Bukhari)

4. Segala bentuk yang keluar dari qubul dan dubur

Yang termasuk didalamnya adalah air kencing ban tinja baik dari manusia ataupun hewan. Termasuk didalamnya juga wadhi (cairan kental yang berwarna putih yang biasanya keluar setelah kencing), dan madzi (cairan kental yang keluar ketika seseorang sedang menghayalkan hubungan seksual).

5. Khamr

Khamr merupakan segala jenis yang dapat memabukkan ketika di konsumsi oleh manusia seperti air keras, dan sebagainya kecuali setelah zatnya berubah menjadi cuka.
Itulah macam-macam benda najis yanng ada di sekkitar kita yang dapat menghalangi kita untuk dapat beribadah kepada Allah SWT.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam Benda Najis Yang Ada Disekitar Kita"

Post a Comment