Jika Anak Bertanya Tentang Allah

Rasa ingin tahu anak memanglah sangat tinggi. Dimana mereka sering menanyakan hal-hal yang mungkin sulit bagi orang tua untuk menjawabnya. Terutama ketika mereka bertanya tentang Allah SWT. Sebagai orangtua kita tentu harus hati-hati menjawab pertanyaan tersebut,karena Allah SWT tidak bisa disamakan dengan makhluk-Nya. Apa saja pertanyaan-pertanyaan yang sering mereka lontarkan dan bagaimana seharusnya orangtua menjawab pertanyaan tersebut ?


1. Apa itu Allah ?

Ketika anak bertanya apa itu Allah maka jawablah Allah itu pencipta langit, bumi, matahari, ayah, ibu dan juga kamu.

Allah SWT Berfirman,

"Dan sebagaian dari tanda-tanda kekuasaannya adalah malam, siang, matahari, dan bulan dan janganlah kamu bersujud kepada matahari dan janganlah pula kamu besujud kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah yang menciptkannya. Jika kamu hanya kepada-Nya berserah diri." (QS. Fusilat : 37)

2. Seperti apa bentuk Allah ?

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah bentuk Allah itu berbeda dengan apapun yang pernah kita lihat, karena Allah lah yang menciptakan semua yang pernah kita lihat maupun yang kita tidak pernah lihat.

Allah SWT Berfirman,

"(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS. Asy-Syura : 11)

3. Mengapa Allah tidak terlihat ?

Janganlah sekali-kali orangtua menjawab bahwa Allah itu ghaib, karena Allah tidak terlihat. Jawablah dengan kita bisa memahami keberadaan Allah melalui makhluk-makhluk ciptaan-Nya, meskipun kita tidak bisa melihat Allah. Bagaimana mungkin ada penciptaan jika tidak ada penciptanya. Meskipun kita tidak melihat Allah tetapi kita harus mengimani-Nya dengan cara dapat melihat bukti ciptaan-Nya.

Allah SWT Berfirman,

"Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ghaib dilangit dan bumi.Dan Allah Maha melihat ysng kamu kerjakan." (QS. Al-Hujarat : 18)

4. Allah ada dimana ?

Yang biasa orangtua jawab adalah Allah itu ada dilangit atau Allah itu ada dimana-dimana. Tetapi jawaban seperti itu malah akan membuat pemikiran yang tidak-tidak oleh anak tentang Allah. Allah itu ada dimana ? jawaban yang tepat adalah Allah itu dekat dengan kita, Allah itu selalu di hati orang orang yang sholeh termasuk di dalam hati kita sendiri. Kemanapun dan dimanapun kita berada maka Allah selalu berada bersama kita.

Allah SWT Berfirman,

"Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat." (QS. Al-Baqarah : 186)

Dan ayat lain yang serupa adalah,

"Dan Dia bersama kamu dimana saja kamu berada." (QS. Al-Hadid : 4)

5. Mengapa kita harus sholat ?

Pasti kebanyakan orang tua menjawab bahwa kalau tidak sholat masuk neraka dan kalau kamu sholat pasti kamu masuk surga. Tidak ada salahnya memang jika orangtua menjawab demikian. Tetapi alangkah baiknya jika jawaban orangtua adalah sholat merupakan wujud syukur karrena Allah telah memberikan banyak sekali kebaikan kepada kita, seperti bisa makan-makanan yang enak, minuman yang enak, udara untuk bernafas dan nikmat-nikmat yang lainnya.

Menanamkan sikap cinta kepada Allah dan mengenal Allah memang sangat sulit ditanamkan kepada anak. Dan semoga apa yang dipaparkan diatas dapat membantu orangtua ketika anak bertanya tentang Allah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jika Anak Bertanya Tentang Allah"

Post a Comment