Iman Kepada Allah

Iman merupakan yakin, yaitu meyakini dengan hati mengucapkan dengan lisan dan dibuktikan dengan perbuatan, rukun iman ada enam yaitu seperti yang disebutkan dalam hadis.


Jibril bertanya kepada Nabi SAW, tentang iman, Nabi menjawab,” Kamu beriman kepada Allah SWT, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, Hari akhir dan beriman kepada ketentuan baik dan buruk-Nya”.(Mutafaqun ‘alaih)
Iman kepada Allah meliputi empat perkara yaitu:

1. Beriman dengan adanya Allah SWT

Allah SWT berfirman,

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah SWT);
(tetaplah atas) fitrah Allah SWT yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan atas fitrah Allah SWT. (itulah) agama yang lurus, tetapi kebannyakan manusia tidak mengetahui”.(QS Ar-Ruum :30)

2. Beriman Bahwa Allah SWT adalah Raab satu-satunya

Allah SWT berfirman,

“Ingatlah, menciptakan dan memerintahkan hanyalah hak Allah SWT, Maha suci Allah, Raab semesta alam”.(QS. Al-A’raf :54)

3. Beriman pada uluhiyah Allah

“(Kuasa Allah SWT)yang demikian itu, adalah kerena sesungguhnya Allah SWT, Dialah (Raab) yang hak dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain Allah SWT, itulah yang batil, dan sesungguhnya Allah SWT, Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar”.(QS. Al-Hajj: 62)

4. Beriman pada Asma dan Sifat Allah SWT

Allah SWT berfirman,

“Hanya milik Allah SWT asma-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenarandalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan”. (QS. Al-A’raf:180)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Iman Kepada Allah"

Post a Comment