Hal Yang Perlu di Perhatikan Ketika Berhijab

Saat ini kita sangat mudah untuk menemukan wanita yang berhijab mulai dari anak anak,remaja, bahkan orang dewasa. Hijab merupakan sebuah identitas keislaman seorang wanita. Mengenakan hijab merupakan suatu kewajiban syariat untuk menutup aurat


dan menjaga kehormatan serta kemuliaan seorang wanita muslim. Tetapi ada yang harus diperhatikan oleh wanita ketika berhijab.

1. Menutup seluruh tubuh

Menutup seluruh tubuh kecuali bagian yang boleh dinampakkan seperti wajah dan telapak tangan.

2. Tidak transparan

Tidak transparan dan tidak tipis kerena busana yang demikian akan menampakkan lekuk tubuh.
Seorang sahabat bercerita, “Rasulullah SAW bertanya kepadaku. ‘Mengapa engkau tidak mengenakan baju qubthiyah yang telah aku berikan?’’Aku memberikannya kepada istriku,’ jawabku. Maka beliau berpesan . ‘Perintahkanlah istrimu agar memakai pakaian bagian dalam sebelum mengenakan baju qubthiyah itu. Aku khawatir baju itu akan menggambarkan lekuk tubuhnya”. (HR. Ahmad dan Al-Baihaqi)

3. Dilarang memakai wewangian ketika keluar rumah

“seorang wanita melintas di hadapan Abu Hurairah dan aroma wewangian yang dikenakan wanita tersebut tercium olehnya. Abu Hurairah pun bertanya. ‘Hai hamba wanita milik Al-Jabbar (Allah SWT) apakah kamu hendak kemasjid?’ ‘Benar’ jawabnya. Abu Hurairah lantas bertanya lagi. ‘Apakah karena itu kamu memekai parfum ?’ wanita tersebut menjawab. ‘Benar’. Maka Abu Hurairah Berkata ‘Pulang dan mandilah kamu. Sungguh aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Allah tidak akan menerima shalat wanita yang keluar menuju masjid sementara bau wangi tercium darinya, hingga ia kembali kerumahnya dan mandi’”. (HR. Baihaqi)

Larangan ini juga berlaku untuk wanita yang keluar rumah selain menuju kemasjid meskipun telah direstui suaminya.

4. Tidak menyerupai laki-laki

Dari Abu Hurairah ra Ia berkata. “Rasulullah SAW melaknat pria yang memakai pakaian wanita dan wanita yang memakai pakaian pria”. (HR. Abu Dawud, Ibnu Majjah, Al Hakim, dan Ahmad)

5. Tidak mengundang sensasi

Karena hal itu akan menjadikan wanita tersebut sebagai pusat perhatian, semisal dengan menggunakan perhiasan yang mencolok atau dengan model-modelnya.

Rasulullah SAW bersabda,

“Barang siapa memakai pakaian syuhrah di dunia, maka Allah akan memakaikan pakaian (kehinaan) yang serupa beginya pada hari kiamat. Lalu Allah akan menyulutkan api pada pakaian itu”. (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Syarat dalam berhijjab diatas adalah bertujuan semata-mata untuk melindungi wanita dan menjaga kehormatannya sebagai makhluk yang mulia serta di ridhai oleh Allah SWT.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Hal Yang Perlu di Perhatikan Ketika Berhijab"

Post a Comment