GAFATAR gerakan sesat!

Akhir-akhir ini mencuat berita tentang penculikan seorang dokter yang bernama dokter rica bersama dengan anaknya yang masih balita, di kabarkan dokter rica di culik dan menjadi korban penipuan oleh oleh pasangan suami istri yang masih sepupunya yang mengikuti sebuah organisasi yang bernama GAFATAR atau gerakan fajar nusantara.

Gerakan fajar nusantara atau gafatar merupakan suatu gerakan kemasyarakatan dimana gerakan ini kerap mengadakan berbagai kegiatan sosial, seperti donor darah, sunat massal, aksi bersih lingkungan, hingga memberikan modal usaha dan pupuk untuk pertanian. yang mana visinya adalah Terwujudnya tata kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang damai sejahtera, beradab, berkeadilan dan bermartabat di bawah naungan Tuhan Yang Maha Esa melalui penyatuan nilai-nilai luhur bangsa, peningkatan kualitas ilmu dan intelektualitas, serta pemahaman dan pengamalan nilai-nilai universal agar menjadi rahmat bagi semesta alam.


Ternyata gerakan sosial yang dilakukan hanya merupakan kedok semata dimana kegiatan utamanya adalah kegiatan keagamaan yang menyimpang. gerakan ini melakukan kegiatan sosial tetapi dengan disisipi ajaran-ajaran yang menyimpang seperti tidak menganjurkan pengikutnya untuk sholat puasa dan juga haji. ini jelas-jelas sangat menyimpang dari agama islam.

Menurut MUI suatu paham atau aliran keagamaan dapat dinyatakan sesat apabila memenuhi salah satu dari sepuluh kriteria. kata Ketua Panitia Pengarah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) MUI Tahun 2007, Yunahar Ilyas. 10 kriteria itu antara lain:

1. Mengingkari rukun iman (Iman kepada Allah, Malaikat, Kitab Suci, Rasul, Hari Akhir, Qadla dan Qadar) dan rukun Islam (Mengucapkan 2 kalimat syahadah, sholat 5 waktu, puasa, zakat, dan Haji).
2. Meyakini dan atau mengikuti akidah yang tidak sesuai dalil syar`i (Alquran dan as-sunah).
3. Meyakini turunnya wahyu setelah Alquran.
4. Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran.
5. Melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah tafsir.
6. Mengingkari kedudukan hadis Nabi sebagai sumber ajaran Islam.
7. Melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul.
8. Mengingkari Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul terakhir.
9. Mengubah pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan syariah.
10.Mengkafirkan sesama Muslim tanpa dalil syar’i.

Mantan ketua Gafatar di wilayah Madiun menuturkan enam fase perjuangan gerakan fajar nusantara, ialah Sukirman mantan ketua dewan pimpinan kecamatan mejayan atau dpc Gafatar mejayan saat berada di rumahnya desa darmorejo kecamatan mejayan kabupaten Madiun. pria 48 tahun tersebut sebelumnya sangat aktif di Gafatar sejak 2011 hingga akhirnya menyatakan keluar di akhir tahun 2014.

Menurut sukiman ada enam fase perjuangan yang di agendakan kelompok Gafatar ini. fase tersebut adalah pertama siron atau sembunyi sembunyi kedua jahron atau terang terangan ketiga hijrah atau pindah keempat qital atau perang kelima futuh usai perang mendekati kejayaan dan keenam fase kejayaan di mana agama sudah tegak versi Gafatar.

Saat ini Gafatar sedang memasuki fase hijrah di mana semua pengikutnya pindah ke kalimantan dan akan menjadikan kalimantan sebagai markas besar nantinya.Inilah yang menyebabkan akhir-akhir ini banyak warga pengikut Gafatar tiba tiba hilang di tahun ini atau akhir tahun lalu termasuk anak dan istri sukiman.

penjelasan itu di berikan ke publik agar masyarakat lebih waspada dan berhati hati dan tidak menjadi korban dari gerakan.

Allah SWT sudah menghimbau kepada kita semua tentang hal ini.

Allah berfirman,

"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu." (QS Al-Hujurat:6)

Jadi kita sebagai umat islam yang beriman janganlah mudah dalam menerima kabar atau berita yang belum tentu kebanarannya yang akan menjerumuskan kita terhadap kesesatan.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GAFATAR gerakan sesat!"

Post a Comment