Daftar Sungai terpanjang Indonesia

Sebagian besar daerah di indonesia merupakan perairan, yang mana menyebabkan Indonesia dijuluki negara maritim. Indonesia juga memiliki banyak sungai yang tersebar di seluruh pulau di Indonesia. Berikut adalah daftar sungai terpanjang di Indonesia:


1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km. Sungai ini terletak di Pulau Kalimantan, bermata air di Pegunungan Muller dan berhilir di Selat Karimata.

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam yang menempati urutan kedua daftar sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini juga terletak di Pulau Kalimantan, lebih tepatnya di Kalimantan Timur. Panjang dari sungai ini mencapai 909 km. Hilirnya terletak pada Selat Makassar.

3. Sungai Barito

Sungai Barito merupakan sungai terpanjang di Indonesia ke tiga yang terletak di Kalimantan. Sungai ini memiliki panjang 909 km. Mata air sungai ini yaitu pegunungan Muller. Hilirnya terletak di Laut Jawa.

4. Sungai Seruyan

Sungai Seruyan yang menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini terletak di Kalimantan Tengah dan memiliki panjang 350km.Hilirnya berada pada Laut Jawa.

5. Sungai Batanghari

Sungai Batanghari adalah salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera. Sungai ini memiliki panjang 800 km, bermata air di Gunung Rasan dan berhilir di Muara Saba.

6. Sungai Musi

Sungai Musi memiliki panjang 750 km dan terletak di Pulau Sumatera.

7. Sungai Bengawan Solo

Letaknya di Pulau Jawa melewati Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Aliran sungai ini berasal dari mata air Gunung lawu menuju Laut Jawa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Sungai terpanjang Indonesia"

Post a Comment