Budaya Sopan Santun Yang Makin Terkikis

Sopan santun merupakan budaya yang sangat melekat dengan orang Indonesia, bahkan sudah terkenal sampai mancanegara.


Bagi orang asing yang datang ke Indonesia yang menjadi ciri khas kesopanan orang-orang Indonesia adalah mejunjung tinggi persaudaraan, saling menghormati, dan saling menghargai orang lain.

Seiring dengan perkembangan zaman, ketika teknologi semakin canggih, arus globalisasi semakin meningkat, nilai-nilai kesopanan orang-orang Indonesia justru semakin pudar. budaya-budaya timur mulai dialihkan dengan budaya barat yang lebih bebas yang jauh dari budaya sopan santun ini.

Yang ditiru dari orang-orang Indonesia adalah gaya hidup orang barat yang lebih bebas, dari pada teknologi yang maju dan ilmu pengetahuan yang banyak berkembang.

Fakta menunjukkan bahwa anak muda dan remaja sudah kehilangan rasa hormatnya terhadap orang yang lebih tua, sering membangkang kepada orang tua, mereka hanya bisa hura-hura, kumpul-kumpul yang tidak bermanfaat, narkoba dan minum-minuman keras bahkan tindak asusila di kalangan remaja Indoneesia sangat besar.

Jika semua itu di biarkan, bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan Indonesia akan mengalami krisis dalam kesopanan. Maka dari itu kita perlu menanamkan nilai-nilai kesopanan terhadap anak-anak kita sedini mungkin agar Indonesia akan tetap memiliki anak-anak muda yang dapat di banggakan dapat meneruskan perjuangan dengan adanya budaya kesopanan yang dimiliki.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budaya Sopan Santun Yang Makin Terkikis"

Post a Comment