Bagaimana Bisa Membunuh Dan Yang Dibunuh Sama-sama Masuk Neraka

Membunuh atau menghilangkan nyawa seseorang merupakan perbuatan yang keji dan merupakan dosa besar yang mana balasannya sangat mengerikan.


Allah SWT berfirman,

“Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya adalah jahannam, ia kekal didalamnya, Allah murka kepadannya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya”.(QS. An-Nisaa:93)

Rasulullah SAW bersabda,

“Yang termasuk dosa besar ialah; menyekutukan Allah, membunuh orang, dan sumpah yang membenamkan (sumpah palsu)”. (HR. Bukhari)

Jadi orang yang menghilangkan nyawa orang lain di golongkan sebagai orang yang rugi karena telah melakukan dosa besar yang dimurkai Allah SWT.
Tetapi ada orang yang membunuh dengan yang dibunuh sama-sama masuk neraka, seperti dalam hadis Rasul SAW.

Rasulullah SAW bersabda,

“Apabila dua orang muslim bertemu dengan pedang terhunus, orang yang membunuh dan yang terbunuh di neraka. Seseorang bertanya, ‘Wahai Rasulullah , tentang yang membunuh bisa dimengerti, bagaimana dengan yang terbunuh?’, Beliau menjawab, “karena ia sebenarnya sangat ingin untuk membunuh temannya”. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, An-Nasai)

Dalam hadis di atas mengapa sama-sama masuk neraka orang yang membunuh dan di bunuh?, itu karena mereka sama-sama memiliki nafsu untuk membunuh saudaranya sesama muslim.

Lalu bagaiman jika seorang muslim membunuh orang kafir?
Ketika dalam peperangan memang di anjurkan untuk membunuh orang kafir, tetapi ketika orang kafir tersebut sudah dalam keadaan tidak melawan dan mengikat perjanjian maka haram hukumnya, bahkan tidak bisa mencium baunya surga.

Rasul SAW bersabda.

“Barang siapa membunuh orang kafir yang mengikat perjanjian dengan negara islam ia tidak akan mencium bau harum surga. Dan sungguh harum wanginya sudah dapat dihirup dari jarak empat puluh tahun perjalanan”. (HR. Ahmad)

Jadi jangan sampai kita melakukan perbuatan keji ini, membunuh orang kafir saja dilarang apalagi sesama muslim.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Bisa Membunuh Dan Yang Dibunuh Sama-sama Masuk Neraka"

Post a Comment