Adab Di Dalam Buang Air

Islam adalah agama yang menjunjung tinggi kebersihan dan kesucian. Islam mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa berperilaku baik dalam hal apapun dan perbuatan sekecil apapun, dalam hal ini termasuk ketika seseorang hendak buang air. Adab buang air yang sesuai dengan yang di ajarkan islam adalah.

Adab Buang Air Besar

1. Mendahulukan Kaki kiri

Rasulullah SAW lebih suka mendahulukan yang kanan dari pada yang kiri. Hal ini berlaku untuk hal yang baik-baik, kerena tempat buang air merupakan tempat yang kotor dan buruk maka ketika masuk tempat buang air Beliau mengajarkan kita untuk mendahulukan dengan yang kiri

“Nabi SAW lebih suka mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci dan dalam setiap perkara (yang baik-baik).”(HR. Bukhari dan Muslim)

Doa yang di ucapkan ketika akan masuk tempat buang air adalah



اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ


ALLOOHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

"Ya Allah, aku berlindung dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan"

2. Tidak buang air di tempat terbuka

Ketika buang air hendaklah mencari tempat yang tertutup dan menghindari tempat yang terbuka.

Dari Jabir bin ‘Abdillah ra, Beliau berkata,

"Kami pernah keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika safar, beliau tidak menunaikan hajatnya di daerah terbuka, namun beliau pergi ke tempat yang jauh sampai tidak nampak dan tidak terlihat.” (HR. Ibnu Majah)

Dari Aisyah ra, Rasul SAW bersabda,

"Barang siapa yang datang ke tempat buang air hendaklah ia berlindung (bersembunyi)." (HR. Abu Dawud)

3. Menghindari mengganggu orang lain

Janganlah sekali-kali kita buang air di tempat yang dapat mengganggu orang lain, karena Rasulullah melarang hal tersebut.

Rasulullah SAW bersabda,

"Jauhilah dua macam perbuatan yang dilaknat , yaitu orang yang suka buang air besar di jalan, tempat orang berlalu lalang atau ditempat yang teduh." (HR. Muslim)

5. Tidak berbicara kecuali terpaksa

Berbicara dalam tempat buang air merupakan salah satu gangguan dari setan dan Allah sangat mengutuk hal yanng demikian.

Rasulullah SAW bersabda,

"Apabila dua orang buang air besar, hendaklah masing-masing berlindung (bersembunyi) dari yang lainnya, dan jangan mereka berkata-kata, karena Allah mengutuk perbuatan demikian." (HR. Ahmad)

6. Tidak mennghadap kiblat

Ketika seseorang hendak buang air baik besar maupun kecil dan pada saat itu hanya menemukan tempat yang terbuka maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya.

"Dari Salman ra, ia berkata, sungguh Rasulullah SAW telah melarang kami menghadap kiblat waktu buang air besar dan buang air kecil, dan istinja dengan tangan kanan, atau istinja dengan batu yang kurang dari tiga buah, atau istinja dengan kotoran binatang atau dengan tulang." (HR. Muslim)

7. Tidak membawa benda-benda yang bertuliskan lafadz Allah atau Al-Qur an

Lafadz Allah atau Al-Qur an berupakan kalimat yang baik janganlah sekali-kali kita membawanya ketika masuk tempat buang air.

8. Menggunakan tangan kiri ketika ber istinja

Rasulullah SAW bersabda,

Janganlah seorang diantara kamu menyentuh kemaluannya di waktu kencing dengan tangan kanannya, dan janganlah Ia beristinja dengan tangan kanannya, dan jangan bernafas dalam bejana." (HR. Muslim)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adab Di Dalam Buang Air "

Post a Comment