Wajibkah Muslim Laki-laki Sholat berjamaah di Masjid ?

Sholat merupakan ibadah wajib yang harus didirikan oleh setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, dan merupakan amalan yang paling pertama dihisab oleh Allah SWT pada hari kiamat.



Allah SWT berfirman, 

واقيموا الصلاة واتوا الزكاة واركعوا مع الراكعين

“Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (QS.Al-Baqarah : 43).

Dari firman Allah tersebut tersirat bahwa, rukuklah bersama orang yang rukuk, ini berarti ketika mendirikan sholat alangkah baiknya dilakukan  berjamaah dan bersama-sama, bahkan ada sebuah kisah tentang seorang yang buta yang bertanya kepada Rasulullah SAW,

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Telah datang kepada Nabi SAW seorang lelaki buta, kemudian ia berkata, 'Wahai Rasulullah, aku tidak punya orang yang bisa menuntunku ke masjid, lalu dia mohon kepada Rasulullah SAW agar diberi keringanan dan cukup shalat di rumahnya.' Maka Rasulullah SAW memberikan keringanan kepadanya. Ketika dia berpaling untuk pulang, beliau memanggilnya, seraya berkata, 'Apakah engkau mendengar suara adzan (panggilan) shalat?', ia menjawab, 'Ya.' Beliau bersabda, 'Maka hendaklah kau penuhi (panggilan itu)’. (HR. Muslim)

Memang tidak diwajibkan atas laki-laki muslim untuk solat berjamaah di Masjid, tetapi melihat hadis di atas orang yang buta saja diperintahkan pergi ke Masjid ketika mendengar seruan adzan apakah kita sebagai orang normal yang masih diberikan nikmat kesehatan oleh Allah SWT tidak malu dengan hal itu, kecuali memang ada udzur yang menghalangi.

Jadi sholat berjamaah di Masjid bagi laki-laki tidaklah diwajibkan tetapi sangat ditekankan oleh Rasullullah SAW.

Banyak sekali keutamaan solat berjamaah di Masjid yang mana dapat memotifasi kita agar supaya dapat senantiasa sholat berjamaah di Masjid, antara lain:


1. Shalat berjama'ah di masjid lebih baik 27 kali dari pada shalat sendirian

Dari Ibnu Umar ra , bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, 'Shalat berjama'ah dua puluh tujuh kali lebih utama daripada shalat sendirian. (Muttafaq 'alaih)


2. Dinaikkan derajatnya dan dihapuskannya dosapada setiap langkah kaki seseorang yang menuju ke masjid untuk shalat berjama’ah



3.   Dibacakan shalawat dan dido’akan oleh para malaikat

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, 'Bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, 'Shalat seseorang dengan berjama'ah lebih besar pahalanya sebanyak 25 atau 27 derajat daripada shalat di rumahnya atau di pasar (maksudnya shalat sendirian). Hal itu dikarenakan apabila salah seorang di antara kamu telah berwudhu dengan baik kemudian pergi ke masjid, tidak ada yang menggerakkan untuk itu kecuali karena dia ingin shalat, maka tidak satu langkah pun yang dilangkahkannya kecuali dengannya dinaikkan satu derajat baginya dan dihapuskan satu kesalahan darinya sampai dia memasuki masjid. Dan apabila dia masuk masjid, maka ia terhitung shalat selama shalat menjadi penyebab baginya untuk tetap berada di dalam masjid itu, dan malaikat pun mengucapkan shalawat kepada salah seorang dari kamu selama dia duduk di tempat shalatnya. Para malaikat berkata, 'Ya Allah, berilah rahmat kepadanya, ampunilah dia dan terimalah taubatnya.' Selama ia tidak berbuat hal yang mengganggu dan tetap berada dalam keadaan suci'. (Muttafaq 'alaih

Semoga kita sebagai kaum muslim senantiasa menjalankan perintah-Nya Amin.

Wallahua'lam bissawab



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wajibkah Muslim Laki-laki Sholat berjamaah di Masjid ?"

Post a Comment