Hukum Meninggalkan Sholat Jumat

Sholat jumat merupakan kewajiban bagi seluruh muslim laki-laki yang sudah baligh,

Allah SWT berfirman,

يا ايها الذين امنوا اذا نودي للصلاة من يوم الجمعة فاسعوا الى ذكر الله وذروا البيع ذلكم خير لكم ان كنتم تعلمون


"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui". (QS. Al Jumu'ah:9)



Bagaimana hukumnya jika seorang muslim laki-laki meninggalkan sholat jumat?

Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa yang meninggalkan sholat jumat tigakali berturut-turut karena meremehkannya, maka Allah akan menutup pintu hatinya."(HR. At-Tirmidzi)

"Barang siapa yang meninggalkan shalat jumat tiga kali berturut-turut tanpa alasan yang dibenarkan maka hatinya akan ditutup."(HR. Ahmad dan sanadnya hasan)

" Barangsiapa yang mendengar seruan adzan pada hari jumat akan tetapi ia tidak mendatanginya, maka Allah akan menutup hatinya, dan menjadikan hatinya menjadi hati orang munafik."(HR. Al Baihaqi)

Berdasarkan hadis-hadis diatas ancaman bagi orang yang meninggalkan solat tanpa adanya yang menghalanginya, maka dapat dikategorikan dosa besar.
Jadi meninggalkan solat jumat hukumnya berdosa besar, kecuali ada halangan yang menyebabkannya meninggalkan solat jumat.

Alangkah baiknya sebagai muslim yang beriman tidak boleh meninggalkan kewajiban beribadah kepada Allah, sehingga tidak terjerumus dalam siksa Allah dan selalu selamat dalam hidup baik di dunia maupun akhirat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hukum Meninggalkan Sholat Jumat"

Post a Comment